Wasekjen Demokrat Harap Proses Revisi UU ITE Digunakan Tak Adil Tak Lama

Suratkabarindo – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Imelda Sari menyarankan agar proses revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE tidak berlangsung lama. Ini, kata dia, dilakukan agar tidak ada yang bisa digunakan untuk melaporkan pasal karet.

“Tapi meski revisi, revisi ini jangan terlalu lama, jadi yang gampang membuatnya sulit. Jadi atas dasar itu masyarakat tetap bisa membuat laporan dan sebagainya,” kata Imelda dalam diskusi yang berani. Sabtu (20/2/2021).

Imelda mengatakan, saat ini DPR sedang memasuki masa reses. Oleh karena itu, menurutnya perlu ada kejelasan kapan revisi tersebut akan dilakukan. Imelda juga mengingatkan, jangan sampai UU ITE yang tepat kini menjadi UU pemersatu alam semesta yang hanya menyasar tokoh, bukan pendukung pemerintah.

“Ada pola seolah-olah rasa keadilan itu bagi mereka yang ada di luar, lalu terus menerus dijadikan sasaran dengan dituding pola seperti itu,” ujarnya. Oleh karena itu, jika ingin melakukan revisi, pihaknya menilai perlu adanya pernyataan yang jelas dari Polri mengenai siapa yang bisa melapor dalam UU ITE ini.

“Misalnya satu korban, dua siapa lagi yang harus melapor kemudian akun anonim yang berfungsi menyerang, dan tidak bisa ditindaklanjuti,” kata Imelda.

Wacana UU ITE muncul setelah Presiden Joko Widodo menerapkan aturan tersebut yang merugikan masyarakat. Pernyataan Jokowi itu disampaikan pada pembukaan Rapat Pimpinan TNI-Polri di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/2/2021). Menurut Jokowi, belakangan ini semakin banyak warga yang melapor ke polisi dengan tuduhan UU ITE. togel online

Ia tidak ingin penerapan hukum menciptakan rasa keadilan. Jika UU ITE tidak bisa memberikan keadilan, kata Jokowi, pihaknya akan meminta DPR bersama-sama merevisi UU ITE. “Karena di sinilah hulu itu, di sini hulu, direvisi, terutama pasal-pasal karet yang tafsirnya berbeda-beda, mudah dimaknai sepihak,” kata Jokowi.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *