Wakil Ketua DPR RI Korpolkam Ingin Aturan Seragam Sekolah Baru Segera Diimplementasikan

Suratkabarindo – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) M Aziz Syamsudin berharap Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri segera diberlakukan di semua sekolah.

“Sosialisasi harus dilakukan kepada seluruh kepala daerah di dunia pendidikan agar SKB Tiga Menteri dapat segera dipelajari dan dipahami oleh sekolah dan tenaga kependidikan,” ujarnya. Sekadar informasi, SKB Tiga Menteri yang dimaksud Aziz terkait dengan aturan penggunaan seragam dan atribut di sekolah umum.

Peraturan ini diundangkan oleh tiga menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Medikbud) Nadiem Makarim, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholill Quomas, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Aziz mengatakan, peraturan baru tersebut juga harus didengar oleh orang tua atau wali agar peredaran santri tersebut dapat segera dilaksanakan. Meski mendapat dukungan penuh, Aziz memberikan pengecualian pada sekolah negeri di Aceh.

“Aceh punya peraturan pemerintah khusus, jadi bisa terus melaksanakan perda,” kata Aziz dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/2/2021). Lebih lanjut, Aziz mengapresiasi langkah tanggap Mendikbud menanggapi insiden pemaksaan jilbab di SMKN 2 Padang.

“Langkah Mendikbud ini perlu diapresiasi. Semoga SKB ini bisa mewujudkan toleransi beragama dan kebersamaan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, penggunaan seragam dan atribut bagi siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah telah ditandatangani tiga menteri pada Rabu (3/2/2021).

Dalam keterangannya, Nadiem mengatakan, pertimbangan terbitnya SKB dimaksudkan untuk membangun wawasan, sikap dan karakter peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan terkait persatuan dan kesatuan bangsa. togel online

Selain itu, kata Nadiem, dalam SKB juga disebutkan kewajiban pemerintah daerah (pemda) dan kepala sekolah untuk mencabut peraturan yang mewajibkan atau melarang seragam dan atribut dengan kekhususan agama, paling lambat 30 hari setelah SKB ditetapkan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *