Terlibat dalam konflik Navalny Case, Rusia siap memutuskan hubungan dengan Uni Eropa

Suratkabarindo – Rusia siap memutuskan hubungan dengan Uni Eropa (UE), jika mereka menjatuhkan sanksi baru yang menghantamnya secara ekonomi. Uni Eropa telah meningkatkan kemungkinan sanksi lebih lanjut di tengah pertikaian atas perlakuan pemerintah Rusia terhadap pemimpin oposisi, Alexei Navalny.

Ketika ditanya apakah Rusia sedang menuju “perpisahan” dengan Uni Eropa, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov berkata, “Kami siap untuk itu.”

“Jika menginginkan perdamaian, bersiaplah untuk perang,” kata Lavrov seperti dikutip BBC, Jumat (12/2/2021). Putusnya hubungan itu bisa dipicu oleh sanksi Uni Eropa, “yang menimbulkan risiko bagi ekonomi kita, termasuk di wilayah paling sensitif”.

“Kami tidak ingin mengisolasi diri dari urusan dunia, tapi kami harus bersiap untuk itu,” katanya di saluran Youtube Rusia Solovyov Live.

Dalam sepekan terakhir Rusia dan Uni Eropa telah mengusir 3 diplomat dari satu sama lain sebagai bentuk balas dendam yang berpusat pada kasus Navalny. Rusia adalah yang pertama bertindak seminggu lalu. Tiga diplomat Uni Eropa yang menurut Rusia hadir pada protes ilegal pro-Navalny telah diusir.

Sementara itu, Uni Eropa membantah tuduhan Rusia. Pengumuman Rusia datang saat kepala luar negeri Uni Eropa Josep Borrell dikunjungi.

Pekan ini, negara Uni Eropa yang melakukan pengusiran diplomat Rusia adalah Jerman, Polandia, dan Swedia. Borrell mengatakan di Parlemen Eropa pada Selasa (9/2/2021) bahwa langkah Uni Eropa selanjutnya “bisa termasuk sanksi dan saya akan mengajukan proposal konkret”. togel online

Pada bulan Oktober, Uni Eropa menjatuhkan sanksi kepada 6 pejabat Rusia dan pusat penelitian senjata kimia Rusia. Pasalnya, dia dituduh terlibat langsung dalam kasus keracunan Navalny pada Agustus lalu. Serangan dengan zat saraf setingkat senjata Novichok hampir membunuhnya.

Banyak pembantu dekat Presiden Vladimir Putin sekarang berada di bawah sanksi UE dan AS, yaitu pembekuan aset dan larangan perjalanan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *