Strategi KPK Cegah Korupsi Begini Tanggapan Firlo Bahuri, Apa Saja Anda?

Suratkabarindo – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, KPK menggunakan tiga strategi dalam mencegah praktik korupsi di tanah air.

Strategi pertama, kata Firli, memprioritaskan pendidikan masyarakat. Hal ini menurutnya penting agar masyarakat memahami apa itu korupsi, apa penyebab korupsi, dan apa bahayanya korupsi.

“Kenapa kita maju? Karena kita sadar bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia,” kata Firli dalam webinar yang diselenggarakan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Senin (8/2). / 2021).

“Mengapa pendidikan masyarakat itu penting? Ini kita lakukan agar masyarakat tidak mau korupsi, jadi kita sangat berharap masyarakat mengembangkan kekebalan dan tidak melakukan korupsi,” ujarnya.

Firli mengatakan, terkait pendidikan masyarakat, KPK setidaknya memiliki tiga sasaran utama pendidikan untuk mencegah tindak pidana korupsi.

Yang pertama melalui jaringan pendidikan. KPK, kata Firli, melakukan upaya pendidikan masyarakat tersebut bekerja sama dengan kementerian / lembaga serta penyelenggara pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi.

Kedua, kami menyasar pejabat negara, parpol, politisi, termasuk calon aparatur negara, ”ujarnya. Firli juga mengatakan, target selanjutnya adalah Badan Usaha Milik Negara, baik pusat maupun daerah.

“Yaitu kita ingin pendidikan publik itu, nanti bisa membuat masyarakat tidak mau melakukan korupsi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Firli menyampaikan, strategi KPK setelah melakukan edukasi kepada masyarakat adalah mencegah korupsi akibat sistem tersebut.

“Baik sistem buruk, sistem gagal, atau sistem lemah, maka KPK hadir guna memperbaiki sistem di berbagai bidang yang berkaitan dengan kehidupan banyak orang, termasuk sistem perizinan usaha, sistem politik, dan yang lainnya termasuk tata niaga, ”ujarnya.

“Mengapa kita melakukan ini dengan memperbaiki sistem, sehingga tidak ada peluang atau peluang bagi orang untuk melakukan korupsi,” kata Firli. Strategi terakhir, menurut Firli, KPK akan tetap mengedepankan tindakan tegas dan proporsional sesuai ketentuan hukum yang berlaku. togel online

Ia menilai hal tersebut perlu untuk memberikan efek jera bagi para pelaku praktik korupsi. “Tidak ada ruang bagi koruptor, kita sudah melakukan upaya edukasi kepada masyarakat, sudah kita lakukan langkah-langkah preventif, akhirnya kita juga bersama-sama melakukan upaya-upaya agar masyarakat takut melakukan tindak pidana korupsi, sehingga akan menimbulkan efek jera. timbul para koruptor, ”ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *