Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Menyayangkan RUU Pemilu Tak Masuk Prolegnas Prioritas 2021

SuratkabarindoSekretaris Fraksi Partai Demokrat Marwan Cik Hasan menyayangkan revisi Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) tidak masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

Ia menilai revisi UU Pemilu penting untuk dibahas, mengingat penyelenggaraan Pemilu 2019 yang menguras tenaga. “Maka biayanya sangat mahal, dan juga bisa memecah konsentrasi masyarakat karena saat itu banyak yang bisa dipilih,” kata Marwan di Rapat Paripurna DPR, Selasa (23/3/2021).

“Untuk itu, kami memandang RUU Pemilu sangat penting untuk identitas kami dibahas dalam Prolegnas Prioritas 2021,” ujarnya. Meski demikian, kata Marwan, pihaknya mendukung pengesahan Prolegnas Prioritas 2021.

“Prinsipnya kita setuju, tapi kita berharap bisa memilih dan memilah karena tidak mungkin seluruh 33 UU itu selesai pada 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Marwan, Demokrat mendukung sejumlah RUU yang bersinggungan langsung dengan kebutuhan masyarakat, seperti RUU Obat dan Makanan, RUU Nusantara, RUU Perlindungan Data Pribadi, dan RUU Otonomi Khusus Papua. “Dan undang-undang lain yang kami rasa dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah dan Komisi II DPR sepakat menerbitkan revisi UU Pemilu dari daftar Prolegnas prioritas 2021, Selasa (9/3/2021). Revisi UU Pemilu menjadi masalah ketika ada perbedaan suara yang disampaikan pemerintah. Sejak Januari lalu, Presiden Joko Widodo disebut-sebut telah melakukan penelitian dengan parpol agar pembahasan revisi tidak direvisi. togel online

Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 yang belum teratasi dan perlu fokus semua pihak untuk diarahkan ke penanganan pandemi.

Selain itu, pemerintah juga mengkhawatirkan potensi gangguan jika pilkada digelar pada 2022 dan 2023. Tim tersebut sempat berselisih dengan perolehan suara sejumlah fraksi partai di DPR. Selain jadwal normalisasi pemilu, salah satu agenda perubahannya adalah threshold. Namun, fraksi-fraksi di DPR yang setuju merevisi UU Pemilu berbalik 180 derajat.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *