Sejak zaman dinosaurus, mengapa buaya tidak banyak berubah?

Suratkabarindo – Buaya merupakan salah satu spesies hewan yang hidup pada zaman dinosaurus dan mampu bertahan hidup hingga sekarang. Menariknya, fisik dinosaurus tidak banyak berubah sejak 200 juta tahun lalu.

Sekarang, penelitian baru yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Bristol mengungkapkan bagaimana hal ini terjadi pada reptil ini. Seperti dikutip dari The Independent, Rabu (13/1/2021) perubahan minimal pada buaya terjadi karena buaya mengikuti pola evolusi yang dikenal dengan punctuated equilibrium atau interrupted equilibrium.

Ini memberi buaya tipe tubuh yang cocok untuk bertahan hidup, dan tidak memiliki banyak perubahan fisik. “Analisis kami menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk memperkirakan laju evolusi,” kata Max Stockdale, penulis utama studi dari Sekolah Ilmu Geografis Universitas Bristol.

Laju evolusi adalah jumlah perubahan yang terjadi selama periode waktu tertentu yang dapat dipelajari dengan membandingkan pengukuran fosil dan menghitung usianya.

Selain itu, dalam studi tersebut, peneliti juga mengukur ukuran tubuh karena terkait dengan seberapa cepat hewan tumbuh, berapa banyak makanan yang mereka butuhkan, seberapa besar populasinya, dan seberapa besar kemungkinan mereka akan punah.

Temuan analisis menunjukkan bahwa keanekaragaman buaya yang terbatas dan minimal merupakan hasil dari lambatnya laju evolusi. Hal ini tampaknya membuat tubuh buaya sangat efisien dan serbaguna sehingga tidak perlu diubah untuk bertahan hidup. Kemampuan ini bisa menjadi salah satu penjelasan mengapa buaya selamat dari benturan meteor di akhir periode Cretaceous yang memusnahkan dinosaurus.

“Penelitian kami menemukan buaya tetap tidak berubah untuk waktu yang sangat lama karena mereka sudah berada dalam kondisi keseimbangan yang tidak mengharuskan mereka untuk sering berubah,” kata Stockdale. togel online

Selain itu, buaya juga memiliki gaya hidup yang cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang sangat besar sejak zaman dinosaurus. Buaya cocok untuk hidup di darat dan air.

Buaya juga bisa bertahan hidup dalam waktu lama tanpa makanan. “Sangat menarik untuk melihat betapa rumitnya hubungan antara bumi dan makhluk yang hidup di atasnya,” tambah Stockdale. Temuan tentang pola evolusi buaya dari era dinosaurus telah dipublikasikan di Nature Communications Biology.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *