Satgas Yakin PPKM Mikro Sangat Efektif Turunkan Laju Penularan Covid-19

Suratkabarindo – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, prinsip Penegakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro adalah batasan yang dibuat dalam skala dan bukan larangan.

Ia mengatakan, seiring berjalannya waktu, PPKM skala mikro ini akan efektif menurunkan laju penularan Covid-19. Hal tersebut, kata Wiku, diperkuat dengan hasil analisis PPKM volume I dan II yang menunjukkan pada minggu keempat angka penularan Covid-19 mengalami penurunan.

“Pada akhir minggu ketiga pelaksanaan PPKM jumlah kasus aktif 16,24 persen, kemudian pada akhir minggu keempat turun menjadi 15,23 persen. Jika diterapkan lebih mikro seperti sekarang, akan lebih efektif. , ”kata Wiku dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/2/2021).

Selain itu, terkait kepedulian pelaku usaha dengan PPKM mikro, Wiku mengatakan kegiatan ekonomi masyarakat masih bisa berjalan karena pembatasan kegiatan belum banyak diterapkan.

“Sehingga potensi untuk melakukan kegiatan ekonomi dan sosial yang aman dari Covid-19 bisa dilakukan,” ujarnya. Sementara itu, Dirjen Pemerintahan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syafrizal mengatakan penerapan PPKM Mikro akan efektif karena melibatkan sejumlah pihak di antaranya, aparat desa, Satlinmas, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat dan pemimpin tradisional.

Ia juga mengatakan, proses pendirian pos desa akan dipercepat. “Kalau perlu menggunakan dana desa untuk penguatan sektor pencegahan, kerajinan masyarakat bisa dihidupkan dalam membuat masker menggunakan dana desa.

Sehingga tidak ada warga yang tidak memakai masker dengan alasan tidak punya masker,” tuturnya. Syafrizal. Lebih lanjut, Syafrizal meminta semua pihak untuk turut serta dalam penerapan PPKM mikro agar laju penularan Covid-19 bisa segera ditahan.

“Semua pihak diminta untuk berpartisipasi dalam melindungi diri, keluarga, tetangga, dan negara,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk melaksanakan Penegakan Pembatasan Skala Mikro Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai 9 Februari 2021. togel online

Dalam pertemuan dengan gubernur di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Bali , Rabu (3/2/2021), Jokowi mengatakan, PPKM di Jawa dan Bali yang diperpanjang hingga dua kali tidak efektif menekan angka penularan Covid-19.

Jokowi menilai perlu adanya PPKM skala mikro yang dilaksanakan mulai dari tingkat RT / RW. Jadi, saya sampaikan PPKM di tingkat mikro yaitu tingkat desa, kelurahan, RW dan RT itu penting, “kata Jokowi, Sabtu (6/2/2021).

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *