Satgas Sebut Kelelahan Tempat Tidur di RS Covid-19 Menurun Saat PPKM

Suratkabarindo – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tingkat pengisian tempat tidur rumah sakit rujukan menurun seiring dengan diberlakukannya pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Jika dilihat dari grafik hunian tempat tidur di ruang isolasi telah terjadi penurunan yang cukup konsisten dari awal PPKM kabupaten / kota hingga berakhirnya PPKM mikro pada minggu pertama,” kata Wiku, dalam siaran konferensi pers. di YouTube BNPB Indonesia, Selasa (16/2 / 2021).

PPKM berlangsung di Jawa dan Bali selama empat minggu, mulai 13 Januari hingga 8 Februari 2021. Kebijakan ini diikuti oleh PPKM skala mikro mulai 9 Februari dan berlangsung selama 14 hari.

Wiku mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan PPKM, tingkat hunian tempat tidur di ruang isolasi RS Covid-19 mencapai 67,47 persen. Seiring dengan berlakunya PPKM selama empat pekan angkanya turun menjadi 51,75 persen.

“Bahkan dengan penerapan PPKM mikro selama satu minggu penurunan terus berlanjut hingga mencapai 49,92 persen,” ujarnya.

Berbeda dengan ruang isolasi, tingkat pengisian tempat tidur di ruang ICU rumah sakit Covid-19 justru meningkat tajam saat memasuki minggu kedua PPKM. Saat itu angkanya meningkat menjadi 69,19 persen. Namun menurut Wiku, angka ini menurun selama 19 hari berturut-turut.

“Meski sempat berfluktuasi selama beberapa hari, hingga 14 Februari lalu tempat tidur ICU yang terisi 51,48 persen,” ujarnya. Wiku mengatakan, angka ini menunjukkan perkembangan yang positif. togel online

Selain penurunan tingkat pengisian tempat tidur, terjadi penurunan jumlah kasus aktif Covid-19. Pada minggu pertama pelaksanaan PPKM mikro kasus aktif turun 13,6 persen atau 3,38 persen.

“Kasus aktif yang mengalami penurunan dapat diindikasikan bahwa penularannya sudah mulai menurun di masyarakat dan juga dibuktikan dengan angka kasus yang tidak banyak gejala sedang, berat sehingga pengisian tempat tidur rumah sakit cenderung menurun,” ujarnya. kata.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *