Satgas: Kasus Positif dan Kematian Covid-19 Turun Minggu Ini

Suratkabarindo – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan kasus positif Covid-19 mengalami penurunan dalam sepekan terakhir.

Dibandingkan pekan lalu, terjadi penurunan kasus positif virus corona sebesar 10,8 persen. “Angka ini merupakan pencapaian positif dan kesalahan dalam mengurangi penularan di masyarakat,” kata Wiku dalam pers yang ditampilkan oleh Sekretariat Presiden YouTube, Selasa (9/2/2021).

Namun, kata Wiku, ada 5 provinsi yang harus meninjau penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Kelima wilayah ini telah mencatat penambahan mingguan tertinggi kasus Covid-19 positif. DKI Jakarta merupakan provinsi dengan peningkatan kasus virus tertinggi yaitu mencapai 4.204 kasus.

Menyusul kemudian Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan peningkatan 480 kasus. Kemudian, peningkatan mingguan kasus positif Covid-19 di Kalimantan Utara meningkat 333 kasus, Sumatera Utara meningkat 223 kasus, dan Kalimantan Timur meningkat 206 kasus.

“Dari lima provinsi tersebut, hanya provinsi DKI Jakarta yang berasal dari Pulau Jawa yang masih masuk dalam lima besar kamar positif mingguan tertinggi,” kata Wiku.

Menurut Wiku, tren ini menunjukkan perkembangan yang baik mengingat selama 4 minggu terakhir penambahan kasus positif Covid-19 didominasi di Jawa dan Bali. Namun, dia meminta masyarakat tidak berpuas diri dengan pencapaian ini.

Di kurun waktu yang sama, Wiku mengungkap penurunan kasus kematian akibat Covid-19. Jumlah kematian dalam sepekan turun signifikan hingga 32 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

Hal tersebut, kata Wiku, menunjukkan upaya pengobatan yang dilakukan pada pasien Covid-19 sudah sesuai standar sehingga dapat menekan angka kematian. togel online

“Saya minta prestasi ini dipertahankan agar yang dirawat bisa cepat sembuh dari Covid-19,” ucapnya. Namun demikian, terdapat 5 provinsi yang masih mencatat peningkatan angka kematian tertinggi.

Provinsi dengan peningkatan kematian tertinggi adalah Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu sebanyak 22 kasus. Kemudian Maluku Utara bertambah 5 kasus, Jambi dan Maluku masing-masing bertambah 2 kasus, dan Aceh bertambah 1 kasus.

Wiku mengatakan, angka tersebut menunjukkan perkembangan yang baik karena pekan lalu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta termasuk dalam 5 provinsi teratas yang mencatat angka kematian Covid-19 tertinggi.

“Untuk lima provinsi yang saya sebutkan saya mohon agar pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien Covid-19 dilakukan sesuai standar agar yang dirawat bisa cepat sembuh,” ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *