Satgas Covid-19 Minta Isolasi Mandiri Sesuai Pedoman Kementerian Kesehatan

Suratkabarindo – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengatakan, individu yang dipastikan positif Covid-19 bisa melakukan isolasi mandiri di rumah atau fasilitas yang disediakan pemerintah jika tidak ada gejala.

Namun, ia mengingatkan penerapan isolasi mandiri harus sesuai dengan pedoman yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. “Yang bisa membantu meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian adalah dengan melakukan isolasi diri secara benar,” kata Reisa dalam jumpa pers yang disiarkan oleh Sekretariat Presiden YouTube, Jumat (5/2/2021).

Reisa mengatakan, keputusan mengisolasi diri harus dikonsultasikan dengan dokter. “Isolasi mandiri disarankan dimulai sejak hasil tes dikonfirmasi dan diputuskan berdasarkan konsultasi dengan dokter, termasuk lokasi isolasi terbaik,” ujarnya.

Meski isolasi dilakukan secara mandiri, kata Reisa, pasien secara berkala harus diawasi oleh tenaga kesehatan, baik melalui telepon maupun kunjungan langsung dari dokter atau petugas puskesmas. Semua suplemen dan obat yang dikonsumsi pasien harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. “Agar tidak salah mengonsumsi obat atau suplemen,” ujarnya. togel online

Setelah melewati masa isolasi, pasien disarankan untuk pergi ke dokter, puskesmas atau klinik terdekat untuk kontrol. Reisa mengingatkan, pasien isolasi mandiri tidak boleh sembarangan untuk mempercepat pemulihan.

“Sekali lagi saya tegaskan, selalu konsultasikan dan cek dengan fasilitas kesehatan yang ada dan pastikan kita mendapatkan tips kesehatan dari sumber yang benar dan valid,” ujarnya.

Kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat hingga saat ini. Data Satgas Penanganan Covid-19 pada Jumat (5/2/2021) menunjukkan dalam 24 jam terakhir terdapat 176.672 kasus aktif Covid-19 dari total 1.134.854 kasus.
Kasus aktif adalah pasien positif Covid-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan di isolasi mandiri. Angka tersebut diketahui dari berkurangnya jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 menjadi total pasien yang sudah sembuh dan meninggal.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *