Satgas Covid-19: Area dengan Zona Merah dan Status Zona Oranye Meningkat

Suratkabarindo – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, wilayah dengan status zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19 mengalami peningkatan pekan ini.

Selain itu, wilayah dengan status zona oranye atau tingkat penularan sedang juga mengalami peningkatan. “Secara umum, kondisi zonasi risiko pekan ini menunjukkan perkembangan ke arah yang tidak terduga.

Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya kabupaten / kota di zona merah dan oranye,” kata Wiku dalam jumpa pers virtual via YouTube, Sekretariat Presiden, Kamis (18/2 / 2021).

Wiku menjelaskan, jumlah kawasan yang berstatus zona merah bertambah dari 43 menjadi 44. Sedangkan kawasan dengan status zona oranye bertambah dari 346 menjadi 359.

“Sedangkan kawasan dengan status zona kuning dan zona hijau yang seharusnya terus diupayakan agar jumlahnya semakin berkurang, ”kata Wiku. “Jumlah wilayah zona kuning (risiko rendah) mengalami penurunan dari 109 kabupaten / kota menjadi 96 kabupaten / kota,” lanjutnya. togel online

Sementara jumlah wilayah yang berstatus zona hijau (tidak tertular / tidak terdampak) berkurang dari 12 menjadi 11 kabupaten / kota. Wiku menjelaskan, ketentuan zonasi risiko Covid-19 didasarkan pada tiga indikator, yakni epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

“Meski pekan ini terjadi penurunan kasus, namun zonasi risiko bergeser ke arah yang lebih berisiko,” kata Wiku. Artinya, pengurangan kasus saja tidak cukup untuk membuat kabupaten / kota mengalihkan zonasi ke arah yang tidak terlalu berisiko, lanjutnya.

Menurutnya, diperlukan konsistensi dalam upaya penanganan kasus yang masih ada guna menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *