Saat Kim Jong Un Naik Jabatan, Nama Kim Yo Jong Hilang dari Anggota Partai, Ada Apa?

Suratkabarindo – Nama Kim Yo Jong, adik laki-laki Kim Jong Un, menghilang dari daftar baru anggota politbiro Partai Buruh saat kakaknya dipromosikan.

Hilangnya nama Kim Yo Jong yang dilansir media pemerintah Korea Utara KCNA, Senin (11/1/2021), menimbulkan tanda tanya karena belakangan pengaruhnya semakin meningkat.

Partai Buruh mengadakan pemilihan pada hari Minggu untuk Komite Sentral di Kongres, yang memetakan kebijakan diplomatik, militer dan ekonomi selama lima tahun ke depan.

KCNA melaporkan bahwa Kim Yo Jong tetap menjadi anggota Komite Sentral tetapi bukan bagian dari politbiro.

Sebelumnya pada tahun 2017, Kim Yo Jong adalah wanita kedua di jajaran politbiro patriarkal Korea Utara, setelah bibinya, Kim Kyong Hui.

Kemudian badan intelijen Korea Selatan pada Agustus 2020 mengatakan dia menjabat sebagai orang kedua secara de facto.

Namun kini nasibnya dipertanyakan, setelah menghilang dari daftar baru anggota politbiro.
“Terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang statusnya, karena dia masih anggota Komite Sentral dan ada kemungkinan dia akan pindah ke posisi penting lain,” kata Lim El-chul, profesor studi Korea Utara di Universitas Kyungnam. , Seoul.

Pengaruh Kim Yo Jong sendiri telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Saat tampil sebagai tokoh politik, wanita yang diyakini berusia 33 tahun itu tampak seperti sekretaris pribadi Kim Jong Un.

Ia juga dipercaya menjadi utusan khusus untuk Korea Selatan, dan wakil direktur partai di departemen personalia dan organisasi.

Michael Madden, seorang ahli kepemimpinan Korea Utara di Stimson Center yang berbasis di AS, menjelaskan bahwa Kim Yo Jong masih dapat memiliki pengaruh besar apakah dia berada di politbiro atau tidak.

“Kami terbiasa melihatnya di depan umum, tetapi akar politik dan pengalaman karier Kim Yo Jong ada di belakang layar, bukan duduk di panggung mendengarkan pidato,” jelasnya. togel online

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un naik ke kantor di partainya, dari ketua menjadi sekretaris jenderal (sekretaris jenderal).

Promosi yang dilansir media pemerintah Korea Utara KCNA, Senin (11/1/2021), membuat Kim Jong Un kini menyandang posisi mendiang ayahnya. Para pengamat mengatakan promosi itu ditujukan untuk memperkuat otoritasnya, karena ekonomi Korea Utara bergulat dengan penguncian virus corona.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *