Pusat Gempa Bumi Jepang dengan Magnitudo 7,3 di Dekat Situs Tsunami 2011

Suratkabarindo – Episentrum gempa berkekuatan 7,3 skala richter mengguncang Jepang bagian timur pada Sabtu (13/2/2021) tengah malam, dekat lokasi tsunami 2011.

Japan Times melaporkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer di lepas pantai Prefektur Fukushima, pada pukul 23:08 waktu setempat. Kemudian New York Times melaporkan, pusat gempa berada di dekat lokasi gempa dan tsunami dahsyat hampir 10 tahun lalu yang meruntuhkan 3 reaktor nuklir.

Bencana alam tersebut dikenal dengan nama Gempa Tohoku dan menewaskan 18.000 orang. Badan meteorologi Jepang menyebut gempa kali ini merupakan lanjutan dari gempa 2011 lalu.

Gempa kali ini juga dilaporkan dirasakan di Tokyo sekitar 30 detik, dan guncangannya sangat kuat di Fukushima dan Sendai. Meski guncangan gempa bumi Jepang sangat kuat, namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan pemerintah.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada korban yang dilaporkan. Kemudian kantor berita Kyodo melaporkan bahwa lebih dari 50 orang terluka tetapi tidak ada rincian lebih lanjut.

Juga tidak ada laporan kerusakan parah, meskipun berita lokal memuat foto-foto tanah longsor di jalan raya. Gempa susulan terus mengguncang daerah itu beberapa jam kemudian, warga diperingatkan untuk tetap waspada. togel online

Beberapa orang kemudian mencari perlindungan di pusat-pusat evakuasi. Listrik di sekitar 950.000 rumah terputus, dan tidak ada kerusakan yang dilaporkan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang hancur akibat tsunami 2011.

“Kami telah menerima laporan bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir Onagawa dan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi tidak menunjukkan kerusakan apapun,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato pada konferensi pers. tengah malam, dikutip AFP.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *