PSI Disebut Rencana Peningkatan Ambang Batas Parlemen Membunuh Demokrasi

Suratkabarindo – Raja Juli Antony, Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengatakan jika ambang batas parlemen dinaikkan, demokrasi akan mati.

Dia mengatakan, ambang batas parlemen saat ini dengan ambang batas 4 persen sudah tinggi. Jika Revisi UU Pemilu menaikkan ambang batas, itu akan membakar lebih banyak suara rakyat.

Suara rakyat, suara Tuhan, akan menjadi suara rakyat, suara oligarki anti demokrasi di parlemen hari ini, kata Raja Juli di Kompas.com, Rabu (3/3/2021). melalui pesan singkat. Ia pun mencontohkan perolehan suara partai non-parlemen pada Pemilu Legislatif 2019.

Menurutnya, dengan ambang batas parlemen saat ini, suara banyak masyarakat telah hangus. Dia mengatakan, total perolehan partai yang gagal lolos ke parlemen seperti PSI, Hanura, Perindo, PBB, PKPI, Berkarya dan Garuda mencapai 9,7 persen atau sebanyak 13.594.842 surat suara sah.

Angka ini mubazir, meski lebih besar dari partai peringkat 4 dan 5 pada pemilu lalu, yakni PKB (9,69 persen) dan Nasdem (9,05 persen), ”jelasnya. Jika ambang batas parlemen direncanakan dinaikkan menjadi 5 persen atau lebih, maka lebih banyak suara yang sah akan hilang.

“Bayangkan jika kenaikan 7 persen ambang batas parlemen, berapa banyak lagi suara yang mubazir,” pungkasnya.

Menurutnya, dengan ambang batas parlemen saat ini, suara banyak masyarakat telah hangus. Dia mengatakan, total perolehan partai yang gagal lolos ke parlemen seperti PSI, Hanura, Perindo, PBB, PKPI, Berkarya dan Garuda mencapai 9,7 persen atau sebanyak 13.594.842 surat suara sah. togel online

Angka ini mubazir, meski lebih besar dari partai peringkat 4 dan 5 pada pemilu lalu, yakni PKB (9,69 persen) dan Nasdem (9,05 persen), ”jelasnya.

Jika ambang batas parlemen direncanakan dinaikkan menjadi 5 persen atau lebih, maka lebih banyak suara yang sah akan hilang. “Bayangkan jika kenaikan 7 persen ambang batas parlemen, berapa banyak lagi suara yang mubazir,” pungkasnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *