Prolegnas Prioritas Belum Disahkan, Baleg: Kalau Pimpinan DPR Main Game, Mereka Hancurkan Sendiri

Suratkabarindo – Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg) DPR Willy Aditya menilai pimpinan DPR berpotensi memusnahkan DPR karena belum lolos program legislasi nasional prioritas (prolegnas) 2021.

Menurutnya, belum meratifikasi prolegnas berpotensi membahayakan kredibilitas DPR sebagai lembaga legislatif. Kekuatan DPR ada di mekanismenya.

Kalau mereka (pimpinan DPR) main-main, atau lembaga seperti DPR main-main dengan mekanisme dan aturan yang dibuat, otomatis mereka melakukan atau menghancurkan diri atau harakiri mereka.

Apalagi dengan tidak meratifikasi Nasional. Program Legislasi., ”Kata Willy saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/2/2021).

Ia melanjutkan, dampak tidak disahkannya prolegnas, yakni sejumlah revisi atau rancangan undang-undang (RUU) yang telah disepakati dengan pemerintah dalam rapat kerja (raker) tidak dapat dilanjutkan untuk dibahas.

Dia menilai, tidak diberlakukannya prolegnas prioritas juga seakan menangkal sejumlah RUU yang telah disepakati. “Itu tugas pokok DPR, fungsi pokok ya legislatif.

Ini preseden buruk di DPR, prolegnas baru disahkan Maret. Ini buruk buat DPR. Seharusnya prolegnasnya dicoba pada November, tapi itu disahkan pada Maret, “katanya.

Willy menjelaskan, sesuai keputusan rapat di Badan Permusyawaratan (Bamus) 19 Januari 2021, prolegnas akan disahkan dengan persetujuan Kapolri yang baru, yakni 21 Januari 2021.

Namun kenyataannya, kenyataannya. , hingga sidang paripurna selesai Rabu (10/2 / 2021), prolegnasnya tidak kunjung disahkan.

Willy menuturkan, Baleg kini tinggal menunggu persetujuan prolegnas prioritas. Ia mengatakan, tahapan yang akan ditempuh nanti adalah harmonisasi dan sinkronisasi RUU tersebut.

“Termasuk melanjutkan pembahasan di tingkat panitia kerja untuk RUU yang diusulkan DPR Baleg. Ya, harapannya kalau Baleg diminta rapat lagi, berarti ya Baleg tiga kali rapat. Kita sudah dua kali kerja sama, ” dia berkata. Sebelumnya, DPR dikabarkan belum meratifikasi prolegnas prioritas 2021. togel online

Hal itu diketahui dari rapat paripurna DPR pada Rabu (10/2/2021) yang tidak membahas pengesahan prolegnas prioritas dalam agendanya. “Prolegnas tidak dibawa ke rapat paripurna hari ini, tidak ada agenda pembahasan prolegnas hari ini,” kata Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Achmad Baidowi saat dihubungi, Rabu.

Baidowi menjelaskan Prolegnas 2021 belum bisa dibawa ke rapat paripurna karena ada dinamika pembahasan sejumlah rancangan undang-undang (RUU), termasuk RUU Pemilu yang ditolak mayoritas fraksi di DPR.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *