Pro dan Kontra RUU Pemilu Dinilai Terkait Strategi Parpol 2024

Suratkabarindo – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menilai penolakan dan dukungan terkait revisi Undang-Undang Pemilu (RUU) tersebut dilatarbelakangi oleh kalkulasi parpol dalam menjalankan strategi Pemilu 2024.

“Saya kira soal strategi Pemilu 2024 juga telah memunculkan pro kontra terkait RUU Pemilu,” kata Lucius dalam diskusi online di Vox Point Indonesia bertajuk Akrobat Politik di Balik Revisi UU Pemilu, Sabtu (13/2) / 2021).

Lucius menyoroti adanya manuver parpol dalam beberapa pekan terakhir terkait sikap terhadap RUU Pemilu.

Menurutnya, hal tersebut wajar karena parpol akan diperhitungkan agar kepentingan politiknya dapat diakomodir. “Jadi selalu butuh waktu lama untuk merevisi UU Pemilu karena yang direvisi terkait dengan strategi kemenangan partai,” terangnya.

Selain itu, dia menduga parpol baru menghitung strategi kemenangannya setelah RUU Baleg menetapkan RUU Pemilu masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

Keputusan RUU Pemilu yang masuk dalam Prolegnas kemudian langsung direspon dengan berbagai manuver yang dilakukan parpol. Karena itulah tiap fraksi mulai menghitung peluang yang bisa didapat dengan RUU Pemilu.

Termasuk melihat peluang untuk menyatukan niat untuk merevisi UU Pilkada serta UU Pemilu mendatang, ”jelasnya. Diketahui, Prolegnas Prioritas 2021 yang telah disetujui pemerintah dan DPR hingga saat ini belum disahkan.

Prolegnas Prioritas 2021 terdiri dari 33 RUU dan 5 RUU kumalatif terbuka. Salah satu rancangan undang-undang yang telah diundangkan oleh Badan Legislasi (Baleg) adalah rancangan revisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu). togel online

Wakil Ketua DPR RI Baleg Willy Aditya mengatakan proses pengesahan Prolegnas Prioritas 2021 tertahan di tangan pimpinan DPR. “Masih mentok di pimpinan.

Padahal sudah di Bamus kan. Ada apa? Kita harus ajukan pertanyaan itu kepada pimpinan. Kita sudah ketemu di Bamus, sudah dijadwalkan, tapi belum juga. final sampai hari ini, “kata Willy kepada Kompas.com, Rabu (3/2/2021).

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *