Presiden Turki Tuding Amerika Berpihak kepada Teroris

Suratkabarindo – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin (15/2/2021) menuding Amerika Serikat (AS) berpihak pada “teroris”. Pernyataan itu dilontarkan Erdogan setelah milisi Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara dituduh mengeksekusi 13 warga Turki pada Minggu (14/2/2021).

Di antara para korban, sebagian besar adalah tentara dan polisi. Sebelum dieksekusi, 13 korban diculik dan dibawa ke sebuah gua.

Turki mengatakan 13 orang Turki itu dieksekusi oleh PKK. PKK sendiri mengatakan 13 orang Turki itu tewas ketika pasukan Turki mengebom gua tempat orang-orang itu ditahan.

Erdogan mengatakan, Turki memang telah melancarkan operasi militer untuk menyerbu markas PKK di Irak utara untuk membebaskan 13 sandera.

Departemen Luar Negeri AS pada Minggu menyesalkan kematian warga Turki itu. Namun, Departemen Luar Negeri AS menyatakan masih menunggu konfirmasi lebih lanjut tentang penyebab tewasnya 13 sandera tersebut.

“Jika laporan kematian warga sipil Turki di tangan PKK dikonfirmasi, kami mengutuk tindakan ini sekuat mungkin,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

Erdogan segera menyambut pernyataan Departemen Luar Negeri AS dengan kritik dalam pidato yang disiarkan televisi.

“Pernyataan yang dibuat oleh AS adalah lelucon,” kata Erdogan dalam komentar publik pertamanya tentang insiden itu. “Anda mengatakan Anda tidak mendukung teroris, padahal sebenarnya Anda berada di pihak mereka dan di belakang mereka,” tambah Erdogan.

Erdogan mengatakan sekutu Organisasi Perjanjian Atlantik Utara (NATO) Turki harus memihak. “Organisasi teroris di depan pintu kami, di perbatasan kami, membunuh orang yang tidak bersalah,” kata Erdogan. togel online

PKK sendiri telah melancarkan pemberontakan terhadap Turki sejak 1984 yang diyakini telah menewaskan puluhan ribu orang. AS dan negara-negara Barat lainnya adalah sekutu Turki lainnya. mengakui PKK sebagai kelompok teror, tetapi Washington telah mendukung milisi Kurdi lainnya di Suriah yang dianggap Turki sebagai cabang dari PKK.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *