PPATK Menyebut Ormas Sering Menyalahgunakan Dana Bantuan untuk Kepentingan Pribadi hingga Terorisme

Suratkabarindo – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Dian Ediana Rae mengatakan, banyak organisasi masyarakat (ormas) yang kerap menyalahgunakan dana bantuan untuk kepentingan pribadi pengurusnya sehingga digunakan untuk mendanai aksi terorisme.

Ia mengatakan, dana bantuan yang diterima ormas biasanya digunakan untuk memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang mengalami kesulitan. Namun beberapa diantaranya telah disalahgunakan untuk kepentingan pribadi pengurusnya, sehingga dimanfaatkan untuk mendanai kelompok yang terlibat terorisme.

“Makanya kita perlu mengaudit bantuan untuk saudara-saudara kita di Suriah di Palestina, Uighur dan sebagainya,” kata Dian seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (10/2/2021). -bantuan yang diterima ternyata digunakan untuk tujuan yang menyimpang.

Ada yang untuk keperluan pribadi, ada yang untuk investasi, ada juga yang dikirim ke lembaga tertentu yang kami curigai terlibat dalam kegiatan terorisme, ”kata Dian. Namun, Dian tidak menyebutkan ormas mana saja yang ditemukan menyalahgunakan dana bantuan yang diterima. togel online

Karenanya Dian mengatakan, PPATK memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah penyalahgunaan dana Ormas agar tidak terus terjadi. Ada korupsi, ada narkoba dan lain sebagainya, ”kata Dian.

“Tapi ini salah satu prioritas kita karena ancaman terhadap negara kita sangat besar. Tapi rupanya transparansi soal bantuan seperti ini sangat-sangat buruk,” kata Dian.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *