Persi Menyebut Tingkat Pengisian ICU Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Pulau Jawa Lebih dari 60 Persen

Suratkabarindo – Sekretaris Jenderal Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia G. Partakusuma mengatakan, kapasitas ruang Intensive Care Unit (ICU) rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa masih penuh meski jumlah kasus harian yang dilaporkan sudah berkurang.

Demikian disampaikan Lia dalam diskusi virtual BNPB bertajuk “Update RS Darurat Wisma Atlet: Dampak PPKM terhadap Tingkat Hunian RS”, Selasa (16/2/2021). . Di beberapa tempat, seperti di Bekasi, Jakarta, angkanya masih di atas 60 persen ICU, ”kata Lia.

Sementara itu, ruang isolasi untuk pasien dengan gejala ringan masih tersedia, terutama di rumah sakit yang bukan rujukan Covid-19. Hal ini didukung oleh kebijakan Kementerian Kesehatan yang meminta rumah sakit menambah lebih dari 30 persen tempat tidurnya.

“Beberapa pekan lalu Menkes meminta peningkatan total kapasitas agar ada relaksasi untuk meningkatkannya hingga 30 persen lebih banyak dari sebelumnya,” kata Lia.

Lia mengatakan, tingkat hunian rumah sakit tampaknya sedikit lebih longgar dengan penambahan tempat tidur di sejumlah rumah sakit non-rujukan Covid-19.

Namun, dia belum bisa menyimpulkan apakah ada hubungan antara penerapan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali dengan penurunan penggunaan bedengan tersebut. togel online

“Kami rasa belum bisa memastikan, karena dampaknya baru satu atau dua minggu setelah strategi baru diperkenalkan,” ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *