Persi Menyebut Ketersediaan Sumber Daya Manusia Hambat Penambahan Tempat Tidur di Rumah Sakit

Suratkabarindo – Sekretaris Jenderal Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia G Partakusuma mengatakan saat ini belum semua rumah sakit di Indonesia dapat memenuhi permintaan Kementerian Kesehatan untuk menambah ketersediaan tempat tidur hingga 30 persen untuk perawatan pasien Covid-19.

Lia mengatakan, ketersediaan sumber daya manusia menjadi salah satu kendala dalam peningkatan jumlah tempat tidur di rumah sakit. Pasalnya, bertambahnya jumlah tempat tidur, menurut Lia, juga berarti bertambahnya jumlah SDM yang ditugaskan untuk mengawasi dan melayani pasien di ruangan itu.

“Beberapa (rumah sakit) sudah memproses rekrutmen untuk menambah SDM, sekarang masih ada pelatihan-pelatihan yang harus dilakukan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan keinginan Menteri Kesehatan (Menkes),” kata Lia dalam diskusi virtual yang diadakan oleh Nasional.

Badan Penanggulangan Bencana (PNPB), Selasa (16/2/2021). Dengan kondisi tersebut, Lia berharap program pemberlakuan pembatasan kebijakan masyarakat skala mikro (PPKM) dapat berjalan efektif. Dengan begitu, Lia berharap rumah sakit akan mengalami penurunan tingkat pengisian pasien Covid-19.

Kondisi ini berdampak pada proses peningkatan ketersediaan tempat tidur yang dapat berjalan lebih cepat, karena rumah sakit tidak harus mencari SDM baru.

“Jika jumlah penderita Covid-19 turun, kita bisa memfungsikan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Karena saat ini hampir semua rumah sakit sedang mencari tenaga (SDM),” jelas Lia.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta pihak rumah sakit meningkatkan ketersediaan tempat tidur sebesar 30 hingga 40 persen untuk mengatasi lonjakan penderita Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru 2020. togel online

Saat itu Budi meminta tambahan jumlah tempat tidur untuk pengobatan pasien Covid. 19 dilakukan sejak awal Januari hingga minggu pertama Februari 2021. “Saat ini kebutuhan jumlah tempat tidur meningkat dari 15.000 tempat tidur menjadi 36.000 tempat tidur,” jelasnya Selasa (12/1/2021) bulan lalu.

Sebagai informasi hari ini, terdapat tambahan 10.029 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia. Sehingga hingga saat ini tercatat 1.233.959 kasus infeksi korona di Tanah Air. Namun, jumlah penderita yang dinyatakan sembuh juga meningkat, mencapai 7.609 orang.

Dengan angka tersebut, total orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 mencapai 1.039.674 orang.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *