Persi Himbau Masyarakat Jujur, Jika Dinyatakan Positif Covid-19

Suratkabarindo – Sekretaris Jenderal Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia G Partakusuma meminta masyarakat jujur ​​jika dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut disampaikan Lia agar pasien Covid-19 tidak terlambat berobat.

Pasalnya, menurut data yang dimiliki Persi, hanya 30 persen pasien Covid-19 yang dalam kondisi kritis yang akhirnya bisa diselamatkan. “Ini penting untuk masyarakat, kalau positif jangan diabaikan. Kalau dinyatakan positif (Covid-19) segera laporkan ke RT dan RW, agar kondisinya bisa terpantau.

Jangan datang ke sini. Puskesmas dan rumah sakit saat kondisinya memburuk, karena hanya 30 persen pasien dengan kondisi kritis yang bisa diselamatkan, ”jelas Lia dalam diskusi virtual yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB), Selasa (16/2/2021).

Lia juga menuturkan, masih banyak masyarakat yang memilih mengisolasi diri sendiri tanpa memberitahukan fasilitas kesehatan di sekitarnya, seperti puskesmas dan rumah sakit jika dinyatakan terjangkit virus corona.

Padahal, lanjut Lia, meski berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG), kondisi tubuh seseorang berbeda-beda. Sehingga perlu ada tindakan pengawasan dari petugas kesehatan (Nakes) terhadap seseorang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Masih ada masyarakat yang tidak mau berobat ke fasilitas kesehatan. Mereka pikir lebih baik tinggal di rumah saja, tanpa memberitahu dokter puskesmas setempat, dan mengira setelah dua minggu pasti akan sembuh. Padahal kondisi masing-masing orang itu berbeda, “katanya.

Lia berharap masyarakat jujur ​​jika terjangkit Covid-19 sehingga mata rantai penularan bisa segera terputus. Jika ini bisa dilakukan, beban kerja rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19 bisa berkurang. Selain itu, ketersediaan tempat untuk pasien saat berobat semakin meningkat.

“Ini perlu dilakukan untuk menjaga lingkungan, bukan hanya melindungi diri kita sendiri. Jadi kalau kita dinyatakan positif (Covid-19) kita harus memberitahukan ke RT RW atau puskesmas terdekat,” pungkasnya. Pemerintah hari ini mengumumkan ada tambahan 10.029 kasus pasien terinfeksi virus corona. togel online

Sehingga secara kumulatif kasus Covid di Indonesia hingga saat ini 1.233.959. Lima provinsi dengan pertambahan kasus terbanyak saat ini adalah Jawa Barat 4.032 kasus baru, DKI Jakarta 1.861 kasus baru, Jawa Tengah 1.101 kasus baru, dan Jawa Timur 473 kasus baru dan Banten 351 kasus baru.

Selain itu, kasus kematian akibat Covid-19 juga terus meningkat, yakni 299 orang dalam 24 jam terakhir. Sehingga total kematian akibat infeksi virus corona di Indonesia menjadi 33.596 orang.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *