Pers Dianggap Berperan Penting dalam Pandemi Covid-19

Suratkabarindo – Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo menilai penanganan pandemi Covid-19 tidak terlepas dari pentingnya komunikasi publik. Menurutnya, proses komunikasi massa melalui pers sangat dibutuhkan masyarakat terkait perkembangan informasi pandemi.

“Saya kira sudah menjadi fakta dan pelajaran di semua negara, semua wilayah, bahwa penanganan pandemi Covid-19 sangat bergantung pada proses komunikasi publik dan proses komunikasi massa, jadi dalam konteks ini pers, media massa adalah unsur pusat, unsur penentu, “kata Agus dalam diskusi di Graha BNPB, Selasa (9/2/2021).

Ia mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19, profesi jurnalis sama pentingnya dengan profesi tenaga kesehatan. Menurutnya, dalam situasi seperti ini wartawan tidak bisa berhenti bekerja dengan dokter.

“Dalam situasi krisis seperti ini sebenarnya kita harus bekerja lebih keras dalam membantu proses pemberian informasi, dalam perkembangan penyiaran terkait pandemi juga untuk mencerahkan masyarakat,” kata Agus.

Karenanya, menurutnya, peran dalam dunia pers, misalnya media massa, sangat menentukan dalam kaitannya dengan arus informasi dan komunikasi publik. Lebih lanjut, Agus mengatakan, dalam situasi pandemi ini, pers nasional juga dilanda dua krisis sekaligus.

Pertama, krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang melanda industri pers nasional maupun industri lainnya. Kemudian, krisis lainnya, lanjut Agus, adalah krisis media massa yang terjepit oleh industri digital. togel online

“Jadi ada dua tekanan ganda sekaligus terhadap pers Indonesia,” ujarnya. Oleh karena itu, pers Indonesia harus mencari rumusan untuk menghadapi situasi ini agar dapat bangkit dari tekanan kedua krisis tersebut.

“Agar tetap bisa menyediakan fungsi pelaporan dan fungsi wacana publik yang mencerahkan masyarakat dan membantu bangsa ini keluar dari krisis,” kata Agus.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *