Perludem: Aneh jika partai dan pemerintah enggan merevisi UU Pemilu

Suratkabarindo – Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil mempertanyakan sikap pemerintah dan sejumlah fraksi di DPR yang enggan merevisi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Argumen yang menyatakan UU Pemilu tidak perlu direvisi setiap lima tahun, menurut dia, tidak cukup sebagai alasan. “Ini sangat dipertanyakan dan juga sangat aneh, baik parpol maupun pemerintah merasa tidak perlu merevisi UU Pemilu,” kata Fadli dalam diskusi online, Minggu (7/2/2021).

Fadli mengaku setuju bahwa setiap UU, termasuk UU Pemilu, diharapkan memiliki masa berlaku yang lama. Ia pun memahami, banyak pihak berharap UU Nomor 7 Tahun 2017 bisa diterapkan untuk dua, tiga, atau bahkan lima pemilu.

Namun, untuk mewujudkannya, kata Fadli, harus dipastikan UU Pemilu cukup diberlakukan dalam jangka panjang. Sementara itu, melihat banyaknya permasalahan yang ada dalam UU Pemilu saat ini, Fadli menilai UU Nomor 7 Tahun 2017 kurang memadai sehingga harus direvisi.

Kalau sekarang konteksnya semua pihak merasa ada masalah dari kerangka hukum Pemilu saat ini, baik dalam UU Pemilu maupun UU Pilkada, mengapa kami ingin memaksakan hal ini berlaku 3-4 kali dalam pemilu?” “Banyak aspek yang harus diperbaiki dan diperkuat, dan itu disadari oleh semua pihak saat menginisiasi revisi revisi UU Pemilu,” ujarnya.

Fadli juga menyayangkan sikap sejumlah fraksi parpol di DPR yang menolak revisi UU Pemilu karena mengikuti sikap pemerintah. Menurutnya, alih-alih menaati pemerintah, DPR harus menyeimbangkan arah kebijakan kekuasaan. togel online

Menurut Fadli, DPR harus bisa melihat lebih dalam kebutuhan proses pemilu, termasuk mengatur ulang jadwal penyelenggaraan Pilkada. Jangan sampai revisi UU Pemilu dibatalkan karena kepentingan segelintir pihak terkait kontestasi politik. “Tidak semua keinginan pemerintah harus ditaati, meski mereka adalah partai politik koalisi pemerintahan saat ini,” ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *