Peristiwa Meteorit Jatuh tapi Tak Ada Fenomena Hujan Meteor, Kok Bisa?

Suratkabarindo – Bunyi dentuman keras akibat jatuhnya meteorit tersebut selalu menghebohkan warga sekitar dan netizen di media sosial.

Beberapa meteor jatuh dan benturan keras terjadi di Bali pada 24 Januari 2021, Tapanuli Tengah pada 1 Agustus 2020 dan Lampung pada 28 Januari 2021.

Namun, seringkali tidak ada peringatan meteorit yang mengejutkan masyarakat.

Lantas, mengapa tidak ada peringatan tentang fenomena hujan meteor, padahal bisa saja meteorit jatuh hingga menyentuh permukaan bumi?

Menanggapi permasalahan tersebut, astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan sebenarnya tabrakan meteorit yang menyentuh permukaan bumi tanpa adanya fenomena hujan meteor bisa saja terjadi. “Jadi ini kejadian yang wajar.

Ini menjadi perhatian karena jarang terjadi, “kata Marufin kepada Kompas.com, Senin (1/2/2021). Marufin menjelaskan, secara statistik setiap hari bumi dihujani 44 ton meteoroid dan menghasilkan 17 meteorit dengan berbagai massa dan ukuran.

“Setiap kilometer persegi (km²) daratan di Bumi akan mendapatkan 1 meteorit dalam 50.000 tahun,” jelasnya. Dengan memperhitungkan luas daratan Indonesia sebesar 1.9 juta km persegi, secara statistik Indonesia didaratkan 1 meteorit setiap 10 hari.

Marufin menuturkan, jika mempertimbangkan wilayah daratan Indonesia yang dihuni baik oleh pedesaan maupun perkotaan, maka secara statistik setiap 90 hari sekali wilayah Indonesia dihantam meteorit apapun jenisnya.

Sebagai informasi, secara tradisional meteorit ini dibagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu meteorit besi (siderites), meteorit besi-batuan (siderolites) dan meteorit batuan (aerolites). togel online

Namun, meski kejadian meteorit yang menabrak permukaan bumi merupakan hal yang wajar terjadi, Marufin menegaskan bahwa kejadian tersebut tidak terlalu berdampak pada daerah tempat jatuhnya meteorit dan sekitarnya.

“Kalau massanya kecil sebenarnya tidak berdampak pada lingkungan,” terangnya. Sedangkan kandungan unsur Besi dalam meteorit umumnya akan mudah larut ke lingkungan melalui proses pelapukan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *