Pemerintah Terbuka untuk Pengembangan Vaksin Domestik

Suratkabarindo – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memberikan tanggapannya terhadap Vaksin Nusantara yang sedang dikembangkan di Semarang.

Menurut Wiku, pemerintah terbuka terhadap semua pengembangan vaksin yang dilakukan di dalam negeri. “Prinsipnya, pemerintah terbuka untuk semua pengembangan vaksin di dalam negeri,” kata Wiku dalam press plan virtual melalui kanal Youtube BNPB, Selasa (23/2/2021).

“Saat terjadi pandemi, pemerintah terus mendukung dan mengawal pengembangan vaksin yang tentunya harus dilandasi keilmuan dan metode keilmuan agar bisa menghasilkan calon vaksin yang potensial,” lanjutnya.

Wiku menjelaskan, calon calon vaksin harus mendapatkan izin praklinis dengan cara diujicobakan pada hewan coba untuk menghasilkan calon vaksin yang aman dan efektif.

Terakhir, calon vaksin harus memasuki tahap uji klinis yang dilakukan pada manusia dan melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Zona Wiku, seluruh proses pengembangan vaksin harus dipastikan melalui kaidah ilmiah.

“Pemerintah berharap semua pengembangan vaksin di Indonesia bisa sejalan dengan prinsip-prinsip tersebut,” imbuhnya.

Saat ini Indonesia sedang mengembangkan vaksin yang disebut Vaksin Nusantara. Vaksin yang disebut juga AV-Covid-19 itu dikembangkan atas kerja sama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Kariadi Semarang, dan Universitas Diponegoro (Undip).

Vaksin ini telah menyelesaikan uji klinis fase pertama dan sekarang mulai menyelesaikan uji klinis fase kedua. Uji klinis fase satu untuk Vaksin Nusantara telah selesai, melibatkan 27 relawan. Tim tersebut sekarang akan melanjutkan ke uji klinis fase 2 yang melibatkan 180 relawan. togel online

Selanjutnya jika sudah dilakukan uji klinis fase 2, rencananya uji klinis fase III akan dilakukan pada 1.600 orang. Berbeda dengan vaksin lainnya, Vaksin Nusantara dibuat dengan pendekatan sel dendritik (sel pertahanan, bagian dari sel darah putih). Vaksin ini juga tidak memasukkan virus korona yang tidak aktif ke dalam tubuh penerima.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *