Pemerintah Diharapkan Banyak Mendengarkan Keresahan Masyarakat

Suratkabarindo – Direktur Ligkar Madani Indonesia Ray Rangkuti mengimbau agar pemerintah lebih banyak menyediakan saluran untuk menyimak keprihatinan masyarakat. “Pemerintah harus membuka kanal sebanyak-banyaknya.

Banyak telinga mendengar keresahan masyarakat, bukannya ditekan, bukan diancam, tapi diakomodir,” kata Ray dalam diskusi, Jumat (19/2/2021). Ray mengatakan, menampung pengaduan masyarakat justru akan menciptakan pemerintahan yang stabil di era yang sulit seperti pandemi Covid-19 saat ini.

Sebab, kata Ray, kritik menjadi satu-satunya luapan emosi masyarakat saat kondisi ekonomi sedang tidak baik, pengangguran merajalela, dan kesehatan warga juga terancam. “Kalau semuanya diredam, ini diredam, ini ditekan, ini ditumpas, malah justru mengundang musibah, mengundang dendam kolektif masyarakat,” ujarnya.

Menurut Ray, alasan itu menjadi salah satu pertimbangan Preisden Joko Widodo untuk akhirnya membahas revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ray menilai, Jokowi menyadari upaya penertiban suara publik melalui UU ITE dapat merugikan jalannya pemerintahan itu sendiri.

“Kritikan yang terkadang pedas itu mohon maaf, tapi setidaknya bisa menekankan psikologi masyarakat untuk tidak terlalu stres,” kata Ray. Wacana revisi UU ITE pertama kali dikemukakan Presiden Jokowi. Ia mengaku akan meminta DPR memperbaiki undang-undang tersebut jika pelaksanaannya tidak memberikan rasa keadilan.

“Kalau UU ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, saya minta DPR bersama-sama merevisi UU ITE ini,” kata Jokowi saat memberikan arahan dalam rapat pimpinan TNI-Polri di Istana Negara, Jakarta. , Senin (15/2/2021).  togel online

Menurut Jokowi, persoalan hulu undang-undang ini adalah pasal karet atau yang berpotensi diterjemahkan ke dalam multitafsir. Karenanya, jika revisi UU ITE dilakukan, dia akan meminta DPR menghapus pasal tersebut. “Apalagi mencabut pasal karet yang bisa berbeda tafsirnya, yang mudah dimaknai sepihak,” ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *