Pemberontak Menyerang Kota Tambang di Kongo, Situasi Dilaporkan Chaotic

Suratkabarindo – Pemberontak separatis menyerang dua kamp militer di area pertambangan utama Republik Demokratik Kongo di Lubumbashi, Minggu (14/2/2021). Serangan itu dilaporkan oleh seorang pejabat jaringan untuk kelompok masyarakat sipil, Fortune Mbayo, kepada AFP.

Mbayo mengatakan serangan itu dilakukan oleh kelompok milisi Bakata Katanga seperti yang dilaporkan AFP.

Hingga saat ini, lanjut Mbayo, kotanya masih belum tenang. Sementara itu, sumber resmi mengatakan situasinya masih kacau balau. Beberapa warga melaporkan adanya tembakan di beberapa distrik.

Jeff Mbiya Kadima, anggota organisasi masyarakat sipil yang bekerja dengan pemerintah, mengatakan kepada AFP bahwa pemberontak telah menargetkan kamp Kimbembe dan Kibati pada Minggu pagi waktu setempat.

Otoritas militer dan sipil mengatakan mereka akan memberikan lebih banyak informasi pada Minggu malam waktu setempat. Lubumbashi adalah ibu kota wilayah Katanga yang kaya akan pertambangan dan kota terbesar kedua di Republik Demokratik Kongo. togel online

Mantan Presiden Republik Demokratik Kongo Joseph Kabila, yang berasal dari wilayah tersebut, kembali ke sana pada Desember 2020.

Hal itu dilakukan setelah terjadi sengketa kekuasaan antara pendukungnya dengan penggantinya, Felix Tshisekedi. Kelompok milisi Bataka Katanga yang ingin memisahkan diri dari Republik Demokratik Kongo kerap melancarkan serangan di Lubumbashi.

Dua polisi dan seorang tentara tewas dalam serangan terbaru pada 26 September 2020.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *