Pelaksanaan PPKM Gugatan 4 Minggu Bisa Menurunkan Kasus Aktif Covid-19

Suratkabarindo – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklaim penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama empat pekan mampu secara bertahap meredam kasus aktif Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan data terakhir yang dihimpun Satgas Covid-19 hingga 14 Februari 2021. “Terlihat dari grafik selama empat minggu pelaksanaan PPKM di tingkat kabupaten / kota, serta seminggu Pelaksanaan PPKM mikro terjadi penurunan yang cukup signifikan (kasus aktif), ”kata Wiku. dalam siaran pers virtual BNPB di YouTube, Selasa (16/2/2021).

Secara rinci, Wiku menjelaskan, kondisi tersebut dimulai pada minggu kedua pelaksanaan PPKM kabupaten / kota. Dia mengatakan, awalnya kasus aktif harian mencapai puncaknya pada 24 Januari 2021. Saat itu persentase kasus aktif mencapai 16,44 persen.

Wiku mengatakan, persentase tersebut meningkat 0,61 persen sejak hari pertama pelaksanaan PPKM kabupaten / kota. “Namun angka ini terus menurun hingga mencapai 14,69 persen. Atau turun 1,75 persen dari puncaknya setelah seminggu menerapkan PPKM,” kata Wiku.

“Bahkan persentase kasus aktif turun menjadi 13,06 atau turun 3,38 persen pada saat dilakukan PPKM mikro,” lanjutnya. Sedangkan jika dilihat dari angka absolut, kasus aktif Covid-19 mencapai puncaknya pada 5 Februari 2021. Saat itu tercatat ada 176.672 kasus aktif. Angka tersebut, kata Wiku, merupakan jumlah kasus aktif tertinggi sejak awal pandemi.

“Angka ini perlahan menurun hingga 14 Februari, ada 159.012 kasus aktif,” kata Wiku. “Ini menunjukkan bahwa hampir 18.000 pasien telah menyelesaikan pengobatan dan lebih dari 16.000 telah pulih,” katanya.

Kondisi ini, lanjutnya, berdampak pada tingkat okupansi tidur di rumah sakit karena beberapa pasien sudah sembuh dalam waktu sembilan hari. Selain itu, imbuhnya, kasus Covid-19 aktif tingkat nasional terus menurun dalam sebulan terakhir.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang membatasi pada RT dan RW yang semakin mengurangi transmisi,” ujarnya. Sedangkan berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 pada Selasa, terdapat 160.689 kasus aktif di Indonesia. Jumlah ini setara dengan 13 persen dari total kasus Covid-19 yang terkonfirmasi, meningkat 2.191 kasus dari hari sebelumnya. togel online

Kasus aktif adalah pasien positif Covid-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri. Angka tersebut diketahui dari berkurangnya jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 menjadi total pasien yang sudah sembuh dan meninggal. Selain itu, data satgas menunjukkan total kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini mencapai 1.233.959 kasus.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *