Pastikan Tak Ada Lansia atau Orang dengan Komorbid, Jika Pasien OTG Ingin Isolasi di Rumah

Suratkabarindo – Kepala Satgas Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting, meminta masyarakat tanpa gejala (OTG) memilih tempat isolasi diri yang memadai.

Menurutnya, banyak pasien OTG yang memilih isolasi mandiri di rumah tetapi tidak mempertimbangkan orang lain di lingkungan sekitarnya. Perilaku ini, lanjut Alexander, akan membuat orang-orang di dalam rumah tersebut akhirnya terjangkit virus corona.

“Kami sekarang punya banyak informasi di rumah sakit, kalau ada percakapan mereka tidak kemana-mana, mereka juga tidak pergi ke pasar. Tapi itu menyakitkan. Kenapa ?,” ujarnya dalam diskusi virtual yang diadakan oleh Badan Pusat Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (5/2/2021).

“Karena ada yang positif atau OTG di rumah, tapi menularkannya ke lansia di rumah,” lanjut Alexander. Maka Alexander menyarankan agar pasien positif dengan gejala Covid-19 atau OTG ringan mempertimbangkan setidaknya dua hal jika akan melakukan isolasi mandiri. Yakni, memastikan absennya lansia dan penderita penyakit bawaan atau komorbiditas. togel online

Jika lokasi isolasi independen malah membuat cluster baru, Alexander merekomendasikan pasien Covid-19 mengisolasi diri di fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah.

“Bagaimanapun saya merasa tidak nyaman dan sebagainya, tapi kita bisa membebaskan diri kita sendiri agar tidak menulari orang lain,” pungkasnya. Sebagai informasi, hingga Jumat (5/2/2021) kasus penularan Covid-19 di Indonesia mencapai 1.134.854 kasus dengan kasus sembuh 926.980 dan 31.202 kematian.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *