Netfid Berharap DPR Tidak Merevisi UU Pilkada tentang Kesepakatan Politik Fraksi

Suratkabarindo – Ketua Jaringan Masyarakat Demokrasi Indonesia (Netfid) Dahlia Umar sepakat revisi UU Pemilu yang asli akan dilakukan tuntas. Ia berharap DPR bisa menjamin revisi UU Pemilu ke arah yang lebih baik, bukan sebaliknya.

“Saya setuju UU Pemilu direvisi, tapi harus komprehensif, melibatkan banyak pihak, dan berdasarkan riset yang panjang. Jadi keputusannya tepat,” kata Dahlia dalam diskusi online yang digelar di Channel YouTube Pipuli Center, Kamis (4/4). 2/2021). Mantan Komisioner KPU Jakarta itu juga meminta DPR tidak merevisi kesepakatan politik fraksi-fraksi di dalamnya.

Namun revisi tersebut dilakukan karena DPR memiliki visi tentang penyelenggaraan pemilu ke depan. “Jangan paksakan diskusi dalam waktu dekat tapi jangan maksimal,” imbuhnya.

Dahlia juga menyinggung pro dan kontra fraksi terkait pelaksanaan Pilkada yang menjadi salah satu isu dalam revisi UU Pemilu. Jika revisi UU Pemilu akan dilakukan dan salah satunya pergantian penyelenggaraan pemilu pada 2022 dan 2023, Dahlia mempertanyakan apakah revisi UU Pemilu bisa diselesaikan DPR tahun ini. “Jangan sampai terjadi revisi UU Pemilu yang baru mendekati pelaksanaan,” ujarnya.

Diketahui, DPR saat ini sedang menggodok revisi UU Pemilu. RUU ini masuk dalam daftar 33 RUU Prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021.

Komisi II DPr mengusulkan revisi pemilu ini kepada Badan Legislasi (Baleg) pada Senin (16/11/2020), dengan alasan bahwa Ada pasal yang tumpang tindih dalam UU Pilkada UU Pemilu. Namun, hingga saat ini DPR belum meratifikasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas 2021. togel online

Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Willy Aditya mengatakan tahapan pengesahan prolegnas masih tertahan di retensi DPR. Padahal sebelumnya, DPR Baleg telah menetapkan 33 Rancangan Undang-Undang (RUU) dalam Prolegnas Prioritas 2021 pada rapat kerja dengan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1). / 2021).

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *