Mulai Bulan Depan, Beli Motor dan Mobil Baru Dapatkan DP 0 Persen

Suratkabarindo – Bank Indonesia (BI) resmi melonggarkan ketentuan uang muka (DP) paling sedikit 0 persen untuk pembelian sepeda motor dan mobil baru. Ketentuan ini berlaku mulai Maret hingga 31 Desember 2021.

“Melonggarkan ketentuan uang muka kredit / pembiayaan kendaraan bermotor menjadi minimal 0 persen untuk semua jenis kendaraan bermotor baru,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi virtual, Kamis (16/2). 18/2/2021).

Perry mengatakan stimulus ini diberikan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko.

Bauran kebijakan yang akomodatif ini terus diupayakan oleh bank sentral sejalan dengan upaya untuk terus mendorong pemulihan ekonomi dan merespon perkembangan baik global maupun domestik. “BI memandang perlu untuk mendorong pemulihan, terutama di sektor otomotif yang memiliki keterkaitan ke belakang dan ke depan yang tinggi terhadap perekonomian,” kata Perry.

Tidak hanya itu, pelonggaran DP 10 persen juga memperhitungkan risiko atau kredit / pembiayaan yang masih cukup terkendali di sektor otomotif. “Kebijakan tersebut ditempuh sebagai bauran kebijakan dengan stimulus fiskal yang diberikan pemerintah, yaitu pemberian insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM),” lanjutnya. togel online

Sebagai informasi, pemerintah sudah mulai menggulirkan insentif berupa pengurangan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil mulai Maret. Pelonggaran pengurangan pajak ini disiapkan untuk kendaraan bermotor di segmen kendaraan dengan cc di bawah 1.500 cc, yaitu sedan dan kategori 4×2. Pemberian insentif PPnBM akan dilakukan secara bertahap selama 9 bulan, setiap tahap berlangsung selama 3 bulan.

Selain itu, besaran insentif akan dievaluasi setiap 3 bulan. Rinciannya, insentif PPnBM sebesar 100 persen dari tarif akan diberikan pada tahap pertama, disusul insentif PPnBM sebesar 50 persen dari tarif yang akan diberikan pada tahap kedua. Kemudian insentif PPnBM sebesar 25 persen dari tarif tersebut akan diberikan pada tahap ketiga.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *