Misi Badan Antariksa Amerika Serikat Mengirim Robot Penjelajahnya ke Mars

Suratkabarindo – Misi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tak hanya mengirimkan robot penjelajahnya, Perseverance, ke Mars. Rover ini juga ditemani Ingenuity, helikopter pintar yang juga menjalankan misi yang sama di Planet Merah.

Menurut NASA, helikopter Ingenuity adalah pendamping dan pendamping perjalanan Perseverance yang teruji dengan baik dan teruji dengan baik. “Jika berhasil dalam misi ini, Ingenuity akan menjadi helikopter pertama yang terbang di planet lain,” kata Thomas Zurbuchen, administrator Asosiasi Direktur Misi Sains NASA, seperti dikutip CNN, Senin (22/2/2021).

Kamis lalu, penjelajah Perseverance NASA berhasil mendarat di permukaan Mars setelah diluncurkan pada 30 Juli 2020. Pesawat antariksa tersebut juga telah mengirimkan sejumlah foto mengesankan planet Mars ke Bumi.

Foto-foto ini telah menunjukkan bahwa robot Perseverance telah berhasil mendarat dengan selamat di permukaan planet dan siap melalui tahap ‘checkout’ sebelum memulai perjalanannya ke Mars.

Helikopter Ingenuity menelpon ke rumah

Tim NASA untuk pertama kalinya mendengar laporan bahwa helikopter cerdas ini dikirim langsung dari Mars. Robot penjelajah Diligence seukuran SUV dan memiliki Ingenuity yang terselip di perutnya.

Helikopter itu hanya memiliki berat sekitar 4 kilogram atau sekitar 2 kg. Helikopter Ingenuity dibawa masuk. Kegigihan ini dapat membuat panggilan telepon ke rumah melalui eksplorasi dengan mengirimkan data kembali melalui Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA yang merupakan penghubung komunikasi antara Mars dan Bumi.

Pesawat ruang angkasa telah mengorbit planet Mars sejak tahun 2006. “Ingenuity, helikopter Mars yang saya bawa, berfungsi seperti yang diharapkan. Saat ini, saya sedang memuatnya, tetapi setelah saya meletakkannya, itu hanya akan diberikan kepada matahari panel.

pada malam yang sangat dingin di Mars, tim akan melakukan percobaan penerbangan, “tulis NASA di akun Twitter Perseverance. “Ada dua hal besar yang kami cari dalam data,” kata Tim Canham, kepala operasi Helikopter Ingenuity Mars di Laboratorium Propulsi Jet NASA, dalam sebuah pernyataan. Data yang dicari, antara lain, status pengisian baterai Ingenuity dan konfirmasi bahwa stasiun beroperasi sesuai rancangan.

Tantangan suhu dingin planet Mars

Selain itu, ia memerintahkan pemanas untuk menjaga dan menjaga kebersihan helikopter elektronik dalam kondisi yang dapat dicapai. “Sambungannya berfungsi dengan baik. Dengan laporan positif ini, kami akan melanjutkan pengisian baterai helikopter,” tambahnya.

Kecerdasan perlu menyalakan dan menyimpan energi, sehingga bisa menghangatkan dirinya sendiri dan mempertahankan fungsi vital lainnya saat malam dingin di Mars usai menjelajahi planet merah ini. Pada malam hari, suhu permukaan Mars sangat dingin. Suhu planet bisa turun sangat rendah hingga minus 130 derajat Fahrenheit.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga fungsi dan kinerja baterai yang baik, helikopter tahan lama yang ingin bertahan di iklim Mars yang dingin sebelum mencoba menguji penerbangan baru-baru ini. togel online

NASA sudah menyiapkan jadwal penerbangan helikopter ini. Setidaknya lima penerbangan direncanakan berlangsung selama periode 31 hari setelah penjelajah menemukan ‘helipad’, atau tempat datar yang bagus untuk menempatkan Ingenuity.

Selama Ingenuity dengan Diligence, helikopter ini dapat meningkatkan daya baterainya. Helikopter ini dilengkapi dengan enam baterai lithium-ion.

Setelah meninggalkan Persistence, baterai akan diisi oleh panel surya yang tertanam di helikopter. Penerbangan pertama Ingenuity akan singkat, hanya sekitar 20 detik melayang di atas permukaan planet.

Meski jarak penerbangannya singkat, ini akan menjadi momen bersejarah untuk misi penjelajahan ke planet merah. Ketekunan misi NASA ke Mars juga merupakan eksperimen dan teknologi, mengarah pada pengembangan helikopter yang bisa menjadi pengintai dan penjelajah, serta misi manusia ke Mars di masa depan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *