Militer Rusia Makin Dekat ke Wilayah Ukraina, Ancaman Pecah Perang Makin Besar

SuratkabarindoMiliter Rusia dilaporkan makin mendekati wilayah Ukraina, dan ditakutkan bakal memicu perang dalam beberapa pekan mendatang. Dalam tayangan di media sosial, nampak pasukan “Negeri Beruang Merah” mendekati wilayah yang dikuasai pemberontak maupun di Crimea. Tensi makin meningkat karena sejumlah region seperti Voronezh, Rostov, dan Krasnodar melakukan pergerakan tentara.

“Ancamannya makin meningkat. Kebanyakan tak dibahas di media, namun tandanya makin buruk,” ulas Pavel Felgenhauer, pengamat militer Rusia. “Krisis ini berpotensi mengeskalasi menjadi perang pan-Eropa, jika tidak dalam skala dunia,” lanjutnya.

Felgenhauer menjelaskan, dia sangat berharap potensi yang muncul tidak akan meningkat seperti yang diprediksi. Sebabnya, negara-negara Barat disebut tidak tahu bagaimana harus bertindak dengan makin mendekatnya pasukan Rusia ke wilayah Ukraina.

Dilansir Daily Mirror Sabtu (3/4/2021), tayangan tank maupun kendaraan lapis baja dipindahkan berseliweran di internet. Bulan lalu, bahkan tiga kapal perang Armada Baltik melewati Selat Inggris ditemani oleh kapal korvet.

Felgenhauer menduga, Kremlin bisa mengumumkan serangan pada awal Mei, ketika mereka menggelar parade Lapangan Merah.

Parade itu untuk memperingati kemenangan Uni Soviet di Perang Dunia II, di mana Felgenhauer menduga keputusan sudah dibuat. Dia menyatakan, Moskwa bisa menerapkan “gaya pendaratan Normandia” di kawasan seperti Odessa maupun Mykolaiv.

Kremlin disebut mempunyai cukup pasukan di kawasan utara Ukraina maupun Crimea, yang mereka jajah pada 2014. “Jelas sekali, operasi berskala besar tengah dipersiapkan, dengan kekuatan lain bakal ikut tertarik,” papar Felgenhauer. Dia menyebut kini terdapat pembahasan tank akan bergerak dari Belgorod melewati Kharkiv, guna mengepung militer Ukraina di Donbass.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *