Militer Myanmar Menembak, Demonstran Wanita Kritis Usai Ditembak di Kepala

Suratkabarindo – Seorang demonstran wanita ditembak di kepala saat demonstrasi menentang kudeta militer di Naypyidaw, Myanmar. Menurut surat kabar lokal The Irrawaddy, polisi dikatakan telah menggunakan karet dan peluru tajam terhadap pengunjuk rasa yang tidak bersenjata. Gara-gara aksi itu, enam orang pengunjuk rasa dilaporkan mengalami luka-luka, dengan dua di antaranya dalam kondisi serius.

Relawan medis yang bertugas saat demonstrasi mengatakan, selain perempuan demonstran yang ditembak di kepala, ada juga yang ditembak di bagian dada. Klip video yang viral di netizen Myanmar menunjukkan wanita itu jatuh ke tanah setelah ditembak.

Polisi di ibu kota Naypyidaw menggunakan peluru untuk membubarkan kerumunan, setelah menyemprot mereka dengan meriam air. Dilansir Mothership, Selasa (9/2/2021), sejumlah pengunjuk rasa terluka setelah terkena meriam air.

Korban berumur 20 tahun

Demonstran wanita yang ditembak di kepala dilaporkan berusia 20 tahun, pelakunya adalah polisi, mengutip laporan AFP.

Penduduk setempat mengatakan mereka melihat pasukan keamanan menembak ke atas dua kali sebelum menembaki kerumunan menggunakan peluru karet. Jurnalis Reuters Matthew Tostevin mengutip dokter yang melaporkan wanita itu, yang tidak diidentifikasi, berada di ruang gawat darurat.

Dokter memastikan bahwa tembakan tersebut menggunakan peluru tajam, dan luka yang diakibatkannya berakibat fatal. Tostevin mengatakan kecil kemungkinan wanita itu akan selamat setelah menerima tembakan di kepala. togel online

Sebelumnya pada 1 Februari, militer Myanmar melancarkan kudeta dengan menangkap sejumlah pemimpin sipil seperti Aung San Suu Kyi. Jenderal Senior Min Aung Hlaing, pemimpin junta, mengklaim bahwa tindakan mereka dibenarkan setelah pemilihan November 2020.

Saat itu, partai yang dipimpin Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), menang telak dengan meraih 83 persen suara. Oposisi yang didukung Tatmadaw menuduh NLD melakukan kecurangan, dan merupakan alasan militer campur tangan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *