Menunggu kedatangan pesawat tempur buatan Indonesia ...

Suratkabarindo – Saya mendapat pertanyaan dari anak muda yang sangat antusias, kapan kita bisa membuat pesawat tempur sendiri? Ini pertanyaan yang sangat menggelitik, karena pada dasarnya siapa orang Indonesia yang tidak ingin negaranya memiliki kemampuan untuk membuat pesawat sendiri.

Jika kita hanya berbicara tentang kemampuan, sebenarnya dijawab bahwa kita memiliki kemampuan untuk yang satu ini. Sejak Pak Nurtanio hingga Pak BJ Habibie, sudah memberikan sinyal yang kuat untuk menjawab pertanyaan tentang kemampuan bangsa ini membangun pesawat terbang.

Pesawat terbang, dalam hal ini pesawat tempur, hanyalah salah satu sub sistem utama persenjataan pertahanan udara. Di sisi lain, pesawat tempur adalah bagian dari jenis pesawat yang secara khusus diperuntukkan untuk menjalankan misi tertentu.

Padahal fenomena global saat ini sedang mengarah pada efisiensi kekuatan udara yang lebih cenderung pada penggunaan sistem persenjataan dari dunia siber dan kecerdasan buatannya, termasuk penggunaan kendaraan tak berawak yang populer disebut drone.

Selanjutnya sistem pertahanan udara nasional merupakan bagian dari sistem pertahanan dan keamanan nasional secara keseluruhan. Dari sistem pertahanan dan keamanan negara yang rapi dan detil, akan muncul kebutuhan, antara lain, nama ABRI.

Dari Bab Angkatan Bersenjata akan muncul kebutuhan Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Dan seterusnya, akan muncul artikel yang mengatakan Angkatan Darat butuh ini, Angkatan Laut butuh itu, Angkatan Udara butuh ini dan seterusnya.

Dalam salah satu uraian tersebut, akan muncul kebutuhan akan berbagai jenis pesawat, termasuk pesawat tempur. Memilih pengadaan pesawat tempur jenis ini ibarat memilih kancing untuk kebutuhan baju yang disebut sistem pertahanan dan keamanan negara. Tanpa mengetahui gaya pakaian apa yang akan dibuat, mustahil untuk memilih kancing yang tepat.

Oleh karena itu, unsur integritas semua pihak yang terkait dengan pertahanan dan keamanan negara menjadi penting. Pada poin ini nanti akan ditentukan apakah kebutuhan tersebut akan dibeli atau membuat rencana strategis untuk membuatnya sendiri, misalnya. Mempelajari keputusan ini tidak mudah, karena akan terletak pada basis multidisiplin.

Contoh sederhananya, jika kita menengok sejenak di beberapa negara maju pada umumnya, desain awal sebuah bangunan ABRI pasti akan mempertimbangkan, bahkan disandera pada dua hal utama, yaitu tentang “high technology” dan “total defense” , selain ketersediaan.

dana tentu saja. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya akan erat kaitannya dengan perencanaan strategis yang konsisten dan terintegrasi, tetapi juga erat kaitannya dengan kegiatan penelitian dan pengembangan, penelitian dan pengembangan di bidang pertahanan dan keamanan.

Itulah uraian sederhana bagaimana atau dari mana kita harus memulai untuk mendapatkan kemampuan membuat pesawat tempur kita sendiri.

Agar ide cepat berhasil, akan sulit untuk mewujudkannya, karena semuanya membutuhkan proses yang panjang.

Selain itu, juga akan bergantung pada pemikiran para elit (pengambil keputusan) yang diharapkan memiliki perhatian yang cukup terhadap isu-isu pertahanan dan keamanan negara, khususnya pertahanan udara.

Universitas Pertahanan dengan 13 bidang studi mungkin bisa memulai dengan curah pendapat dan diskusi intensif untuk “merangsang” pemikiran yang berfokus pada masalah ini. togel online

Namun yang pasti secara umum topik kemiliteran dan persenjataan cenderung kurang menarik untuk dibahas terutama di zaman sekarang ini.

Belanda masih jauh dari jargon populer yang sering berkembang. Tak perlu putus asa, kiranya Unhan adalah salah satu tempat yang tepat dan bersama-sama dengan beberapa institusi lain mempersiapkan “nilai” terlebih dahulu.

Skor tersebut berasal dari sebuah lagu untuk sayap pertahanan dan keamanan nasional dengan judul lagu “Pesawat Buatan Indonesia”. Jadi, ketika muncul seorang pemimpin yang akan termotivasi untuk menjadi “konduktor” dan akan memainkan judul lagu, maka skor sudah siap.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *