Menteri kesehatan Menyatakan Mutasi Baru Covid-19 Belum Ditemukan di Indonesia

Suratkabarindo – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan hingga saat ini belum ada mutasi baru virus Covid-19 dari Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil di Indonesia.

“Sampai saat ini kami belum menemukan, belum ada virus yang kami deteksi di lab PCR dengan strain atau mutasi dari London, Afrika Selatan atau Brazil,” kata Budi dalam siaran konferensi pers. Akun Youtube BNPB Indonesia, Sabtu (20/2/2021).

Kendati demikian, Budi menegaskan pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan untuk melacak keberadaan mutasi virus di Indonesia.

“Kami akan terus meningkatkan frekuensi sampling dan kualitas lab PCR yang ada sekarang untuk memastikan kami cukup dekat atau cukup detail, jaring yang cukup kecil untuk mengidentifikasi lebih awal jika ada mutasi virus,” kata Budi.

Budi menuturkan, sejak Januari hingga Februari 2021 telah diperiksa 180 sampel. Angka ini lebih tinggi dibanding akuisisi tahun lalu yang hanya memeriksa 170 sampel sepanjang 2020.

“Jadi yang kita lakukan dalam 1,5 bulan ini jauh lebih banyak dari yang kita lakukan setahun lalu,” kata Budi. Budi menambahkan, Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Riset dan Teknologi telah menyiapkan 12 laboratorium untuk memeriksa mutasi virus tersebut. togel online

“Untuk dapat berkoordinasi, dilakukan sampling dan pengujian mutasi baru, strain virus baru, dengan metode whole genome sequencing dan partial genome sequencing,” ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *