Menkes Akui Ada Kendala Pelaporan Data Covid-19 dari Laboratorium

Suratkabarindo – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengakui adanya kendala dalam pelaporan hasil pemeriksaan Covid-19 melalui laboratorium. Hal tersebut ia sampaikan saat mengonfirmasi berbagai pertanyaan seputar kendala pencatatan data yang masuk ke sistem pelaporan Covid-19.

Menurut Budi, Kementerian Kesehatan sudah memeriksa masalah apa saja yang terjadi di tiap laboratorium. Dari penelusuran tersebut, ditemukan petugas entri data di laboratorium tersebut kesulitan mengakses aplikasi pelaporan Covid-19.

Karena setelah kami cek, di masing-masing laboratorium ternyata sulit masuk aplikasinya. Respon (aplikasinya) lambat, ”kata Budi dalam keterangan pers virtual, Rabu (17/2/2021). Selain itu, ia juga menyebut user interface atau tampilan grafis untuk pengguna dalam aplikasi pelaporan terlalu rumit.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, Kementerian Kesehatan telah melakukan perbaikan pada aplikasinya. “Jadi minggu ini aplikasinya baru online dan bisa digunakan di semua laboratorium,” kata Budi.

“Jadi, semua data dari laboratorium, baik positif maupun negatif hasil Covid-19 bisa masuk (dilaporkan ke Kementerian Kesehatan),” ujarnya. Budi memastikan sistem aplikasi pencatatan hasil pemeriksaan Covid-19 baru bisa lebih cepat diakses. togel online

Dikatakan juga bahwa pemasukan data dapat dilakukan secara otomatis. “Dengan demikian (pencatatan) jumlah pengujian akan bertambah dan kita akan mendapatkan gambaran nyata tentang positivitas rate tersebut,” ujarnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *