Mengikuti Kompetisi Airbus, Pelajar Indonesia Raih Juara II

Suratkabarindo – Tim yang beranggotakan tiga mahasiswa Indonesia dan satu mahasiswa Jepang yang belajar di University of Cambridge, Inggris ini berhasil meraih peringkat kedua dalam kompetisi “Airbus Fly Your Ideas”.

Seperti dilansir The Jakarta Post, Tim AirFish (Airbus Integrated Fisheries Information Services) beranggotakan Falah Fakhriyah, Martin Siagian, dan Nathan Harjanto dari Indonesia, sedangkan anggota lainnya, Keiko Miyazaki, berasal dari Jepang.

Ide yang mereka ajukan adalah penginderaan jauh untuk melindungi laut dan mampu mengalahkan 269 materi yang diajukan peserta lain. Mereka juga berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp. 160 juta.

Tim AirFish adalah satu dari tujuh tim finalis yang berkesempatan mengembangkan prototipe ide mereka di Toulouse, Prancis, selama satu minggu menggunakan fasilitas penelitian dan pengembangan Airbus.

“Tim AirFish dari University of Cambridge tampil meyakinkan dengan ide luar biasa mereka tentang sistem pemantauan laut menggunakan citra satelit dan teknologi pencitraan video,” demikian keterangan tertulis di situs resmi Airbus, Jumat (28/6/2019).

Dikatakan bahwa temuan mereka dapat membantu pemerintah memerangi penangkapan ikan ilegal, mengurangi penangkapan spesies yang terancam punah dan mengurangi kerusakan habitat laut.

Pemenang kompetisi Team “Zero” Heroes dari Delft University of Technology, Belanda, menyerahkan materi berupa smart wireless switch tanpa baterai untuk sistem onboard. Tim berhasil membawa pulang hadiah uang tunai sebesar 25.000 euro atau sekitar Rp 400 juta.

Sebagai informasi, kompetisi Airbus Fly Your Ideas telah diselenggarakan sejak tahun 2008, dan diikuti oleh lebih dari 22.000 pelajar dari sekitar 700 universitas dan 100 negara di dunia. togel online

Kompetisi ini memberikan peluang sekaligus tantangan bagi peserta untuk menciptakan inovasi di bidang dirgantara dalam enam bidang utama, yaitu Elektrifikasi, Layanan Data, Keamanan Siber, Internet of Things, Kecerdasan Buatan, dan Realitas Campuran.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *