Lokasi Penahanan Aung San Suu Kyi Terungkap, Begini Kondisinya...

Suratkabarindo – Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi, yang ditangkap militer pada Senin (1/2/2021) pagi, terungkap.

Seorang anggota parlemen dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Suu Kyi menjalani tahanan rumah di kediaman resminya di ibu kota Naypyidaw.

“Kami diberitahu untuk tidak khawatir. Tapi kami khawatir. Alangkah lega melihatnya dari foto,” katanya seperti dikutip AFP, Selasa (2/2/2021).

Kemudian petugas pers NLD Kyi Toe mengatakan para tetangga melihat Suu Kyi berjalan di sekitar kompleks kediaman resmi pada Selasa pagi.

Analis yang berbasis di Yangon Khin Zaw Win berpikir sepertinya Suu Kyi aman untuk saat ini. “Semua laporan menunjukkan dia tidak dalam bahaya,” katanya.

Namun, Herve Lemahieu dari Lowy Institute Australia mengatakan ada kemungkinan pihak militer sengaja menyembunyikannya untuk menghindari protes massa.

“Saya pikir ide utamanya adalah untuk menjauhkannya dari mata publik … dia ditahan di Naypyidaw … jauh dari semua pusat populasi utama di mana para demonstran dapat berunjuk rasa.” “Saya pikir itu pilihan yang disengaja,” kata Lemahieu kepada AFP.

Ia juga menambahkan bahwa militer Myanmar memiliki kepentingan untuk menjaga kesehatan Suu Kyi.

“Pejabat senior menyadari bahwa jika dia sakit atau meninggal saat ditahan, orang akan mencurigai adanya kekerasan, dan itu bisa memicu reaksi yang sangat keras,” lanjut Lemahieu.

Ini bukan pertama kalinya Suu Kyi ditawan oleh militer. Perempuan 75 tahun itu beberapa kali menjadi tahanan rumah sejak memenangkan pemilu 1990. togel online

Dia pernah ditahan di vila era kolonial keluarganya di tepi Danau Inya Yangon pembuat film Jerman Marc Eberle, yang mewawancarai Suu Kyi selama berbulan-bulan untuk film dokumenter The Choice 2012, berharap dia dapat menangani situasi dengan baik.

“Dia sangat berpengalaman, dia biasa bermeditasi setiap hari dan melatih kesehatan mental,” katanya kepada AFP. “Jelas itu (dalam tahanan rumah) membuat stres tapi dia sudah terbiasa.”

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *