Laporan PBB: Tentara Peretasan Korea Utara Mencuri Rp 4,4 Triliun untuk Mendanai Program Nuklir

Suratkabarindo – Laporan rahasia PBB mengungkapkan tentara peretas Korea Utara mencuri ratusan juta dolar sepanjang 2020 untuk mendanai program rudal balistik dan nuklir negara yang melanggar hukum internasional.

Meluncurkan CNN pada Selasa (9/2/2021), rezim Kim Jong Un melakukan “operasi terhadap lembaga keuangan dan pertukaran mata uang virtual” untuk membayar senjata dan menjaga ekonomi Korea Utara yang sudah terpuruk.

Seorang anggota PBB mengklaim para peretas mencuri aset virtual senilai US $ 316,4 juta (Rp4,4 triliun) antara 2019 dan November 2020, menurut dokumen PBB.

Laporan itu juga menuduh Korea Utara “memproduksi bahan fisil, fasilitas pemeliharaan nuklir dan infrastruktur peningkatan rudal balistik” sambil terus “mencari bahan dan teknologi untuk program tersebut dari luar negeri”.

Negara komunis itu telah bertahun-tahun mencoba mengembangkan senjata nuklir yang kuat dan rudal canggih, dengan biaya yang sangat besar.

Langkah tersebut mengubah Korea Utara menjadi negara paria internasional, yang oleh PBB melarang hampir semua aktivitas ekonomi yang dilakukannya terhadap negara lain.

Penyelidikan PBB mengatakan negara yang tidak disebutkan namanya sedang memantau bahwa “sangat mungkin” bahwa Korea Utara dapat memasang perangkat nuklir ke rudal balistik dari jarak jauh.

Laporan tersebut disiapkan oleh Panel Ahli PBB untuk Korea Utara, badan yang bertugas memantau penegakan hukum dan efektivitas sanksi yang dikenakan pada rezim Kim sebagai hukuman atas pengembangan senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Rincian laporan tersebut, yang saat ini dirahasiakan, diperoleh CNN melalui sumber diplomatik di Dewan Keamanan PBB, yang membagikan sebagian dokumen tersebut dengan syarat anonim. togel online

Laporan Panel terdiri dari informasi yang diterima dari negara anggota PBB, badan intelijen, media dan mereka yang melarikan diri dari negara tersebut, bukan Korea Utara sendiri. Laporan ini biasanya dirilis setiap 6 bulan, satu di awal musim gugur dan satu lagi di awal musim semi.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *