LAN Masalah Aturan Pelatihan CPNS Dasar Online, Berikut Paparannya

Suratkabarindo – Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengeluarkan Peraturan LAN Nomor 1 Tahun 2021 yang mengatur tentang penyelenggaraan pelatihan dasar online calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dalam Peraturan LAN Nomor 1 Tahun 2021 dilakukan perubahan mendasar, terutama terkait metode pelaksanaan pelatihan dasar CPNS yang sebelumnya hanya dapat dilakukan di kelas dan di asrama, kini juga dapat diselenggarakan melalui blended learning dan distance learning.

“Pada prinsipnya blended learning merupakan metode yang memadukan pembelajaran klasikal dan online, dengan porsi pembelajaran yang lebih besar dilakukan secara online,” kata Deputi Pengembangan Kompetensi ASN LAN, Muhammad Taufiq, dikutip dari Antara, Sabtu (24/10). 6/2/2021).

Sedangkan pembelajaran jarak jauh pada dasarnya adalah pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi, ujarnya.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan seperti yang terjadi pada situasi pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan karena pembelajaran klasik tidak memungkinkan karena penyebaran Covid-19 yang masif.

Namun untuk mengimplementasikan blended learning dan distance learning, kata Taufiq, dibutuhkan kesiapan akses jaringan internet dan fasilitas pendukung teknologi informasi lainnya. togel online

Selain itu juga diperlukan komitmen bersama antara peserta, tenaga kepelatihan, dan penyelenggara diklat agar pelaksanaan Diklat Dasar CPNS melalui blended learning dan distance learning dapat berjalan dengan optimal.

Menanggapi hal tersebut, LAN kini telah menyiapkan platform pembelajaran mandiri dengan metode masal open online course (MOOC) dan pembelajaran kolaboratif melalui learning management system (LMS).

“Pengembangan aplikasi ini merupakan bentuk tanggung jawab LAN sebagai lembaga pengawas diklat ASN agar pembelajaran diklat dasar CPNS online dapat berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran,” ujar Taufiq. Melalui pelatihan dasar CPNS online, biaya pelaksanaan diklaim lebih efisien.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *