KPK Serahkan 2 Kasus Dugaan Suap Bantuan Sosial Covid-19 ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Suratkabarindo – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan berkas perkara kedua terdakwa atas nama Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan keduanya merupakan terdakwa kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 dari Kementerian Sosial untuk wilayah Jabodetabek.

“Jaksa KPK Yosi Andika Herlambang menyerahkan berkas perkara terdakwa Harry Van Sidabukke dan terdakwa Ardian Iskandar Maddanatja dalam kasus dugaan TPK terkait Bantuan Sosial Kementerian Sosial dalam TA 2020 kepada Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat,” Kata Ali dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Pasca pelimpahan, kata Ali, penahanan terdakwa bergeser dan menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Tipikor. “Tim jaksa selanjutnya akan menunggu keputusan Majelis Hakim untuk memimpin persidangan dan penetapan sidang pertama dengan agenda pembacaan dakwaan, kata Ali.

Ali menuturkan, para terdakwa masing-masing dijerat dengan Pasal 5 ayat (1) huruf b UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP dan Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. .

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan lima tersangka, yakni mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial Adi Wahyono (AW), dan Matheus Joko Santoso serta dari pihak swasta yakni Ardian Iskandar.

Maddanatja (AIM) dan Harry Van Sidabukke. (HS). Adapun tersangka yang memberi suap kepada Ardian dan Harry, KPK sudah menyelesaikan pemeriksaan keduanya dan akan disidangkan di Pengadilan Tipikor Jakarta. togel online

Dalam kasus ini, mantan Menteri Sosial Juliari diduga menerima suap senilai Rp 17 miliar dari “fee” pemberian bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19 di Jabodetabek. “Biaya” untuk setiap paket bansos disepakati oleh Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebesar Rp. 10.000 per paket makanan, dari Rp. 300.000 per paket.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *