Kapal tanker disita Iran, Korea Selatan mengirimkan kapal perusak anti pembajakan

Suratkabarindo – Korea Selatan mengatakan Iran belum membebaskan awak kapal tanker MT Hankuk Chemi meski sudah berjanji.

Pengawal Revolusi Iran menahan kapal dan 20 awaknya dari berbagai negara pada 4 Januari, di dekat Selat Hormuz, dan dituduh mencemari lautan.

Insiden itu terjadi di tengah tuntutan Teheran agar aset multi-miliar dolar mereka di Korea Selatan dilepaskan.

“Negeri Ginseng” membekukan asetnya akibat sanksi yang dikeluarkan AS, seperti dilansir AFP, Kamis (4/2/2021). Pada Selasa (2/2/2021), Iran mengumumkan bahwa beberapa awak kapal tanker MT Hankuk Chemi diizinkan kembali melalui jalur kemanusiaan.

Teheran menegaskan kapal dan kaptennya masih ditahan, sebuah manuver yang memperumit negosiasi antara kedua kubu karena kapal tersebut membutuhkan awak untuk beroperasi.

Kementerian luar negeri mengatakan, untuk pertama kalinya pejabatnya bisa bertemu dengan awak Hankuk Chemi pada Rabu (3/2/2021). Dalam rilisnya, kementerian berdiskusi dengan operator MT Hankuk Chemi mengenai pembebasan dan pengembalian kru.

“Kementerian juga melakukan segala upaya untuk memastikan pembebasan kapten dan kapalnya secepat mungkin,” jelas Seoul.

Juru bicara itu mengatakan negosiasi masih berlangsung. “Tidak ada jaminan 100 persen mereka akan kembali,” ujarnya. 20 awak kapal tanker yang ditahan Iran tersebut berasal dari Vietnam, Indonesia, Korea Selatan dan Myanmar. togel online

Ketegangan Iran dan AS dimulai ketika Presiden Donald Trump mengumumkan pada 2018 bahwa dia menarik diri dari perjanjian nuklir.

Teheran adalah penyedia minyak utama untuk negara-negara miskin sumber daya seperti Korea Selatan. Tetapi pembeliannya harus dihentikan karena sanksi Washington. Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei menjelaskan bahwa mereka memiliki aset senilai US $ 7 miliar (Rp 98 triliun) yang dipegang oleh Seoul.

Mereka telah berulang kali membantah menahan tanker sebagai pembalasan karena aset mereka dibekukan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *