Komnas HAM Serahkan Barang Bukti Tewasnya Laskar FPI ke Polri

Suratkabarindo – Komnas HAM akan menyerahkan barang bukti terkait tewasnya enam anggota Tentara Front Pembela Islam (FPI) saat bentrok dengan polisi di ruas tol Jakarta-Cikampek, Selasa (16/2/2021). Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam mengungkapkan, pihaknya telah menerima surat permintaan pemindahan barang bukti dari Bareskrim Polri.

“Kami akan memberikan bukti pada Selasa, 16 Februari 2021 pukul 13.00 WIB di Kantor Komnas HAM RI, Menteng, Jakarta,” kata Anam dalam keterangannya, Senin. Sedangkan menurut Bareskrim, surat tersebut dikirim pagi ini.

Mabes Polri meminta bukti untuk menindaklanjuti rekomendasi Komnas HAM atas kejadian tersebut. Anam mengatakan, pemindahan barang bukti juga akan dicatat dalam berita acara.

“Delegasi ini sudah diminta secara resmi dan Komnas HAM Indonesia akan memberikan berita acara dengan penyampaian bukti-bukti untuk kepentingan pelaksanaan rekomendasi, khususnya penegakan hukum,” ujarnya.

Diketahui, dari peristiwa yang terjadi pada 7 Desember 2020, ada enam anggota laskar FPI yang ditembak mati polisi karena diduga menyerang aparat. Komnas HAM menyimpulkan bahwa kematian empat dari enam anggota FPI merupakan pelanggaran HAM. togel online

Pasalnya, keempatnya tewas saat berada di bawah kendali polisi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, Komnas HAM merekomendasikan agar kematian empat anggota pasukan paramiliter FPI dilanjutkan ke pengadilan pidana.

Untuk menindaklanjuti temuan dan rekomendasi Komnas HAM, Kapolri saat itu, Jenderal (Pol) Idham Azis, telah membentuk tim khusus yang terdiri dari Bareskrim Polri, Bagian Hukum Polri, dan Bagian Propam Polri. Tim khusus ini bertugas menyelidiki dugaan pelanggaran HAM oleh aparat kepolisian terhadap empat laskar FPI yang tewas.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *