Keterlibatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Tracing Covid-19 dikhawatirkan akan berdampak psikologis bagi masyarakat.

Suratkabarindo – Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISSES), Khairul Fahmi khawatir keterlibatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam penelusuran penyebaran Covid-19 bisa berdampak psikologis bagi masyarakat.

“Pemerintah lebih memilih pendekatan dengan efek psikologis pada masyarakat agar segera patuh pada pemerintah dan mau diperiksa,” kata Fahmi dalam keterangan tertulis yang diterima Suratkabarindo.com, Kamis (4/2/2021).

Fahmi mengatakan, keterlibatan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, termasuk Satpol PP perlu lebih diperjelas.

Pasalnya, ada kekhawatiran keterlibatan TNI-Polri melalui Babinsa dan Babinkamtibmas memiliki makna yang berbeda di masyarakat. Ia mengatakan, TNI-Polri telah terlibat dalam penelusuran teritorial dan teritorial di sejumlah wilayah.

Namun, seiring dengan percepatan pertumbuhan jumlah positif Covid-19 di negara tersebut, keterlibatan mereka belum terdengar lagi. Apalagi sejumlah personel TNI-Polri di lapangan terungkap saat berinteraksi di masyarakat.

Hal yang sama juga terjadi pada Badan Intelijen Negara (BIN) yang sangat serius menangani Covid-19, mulai dari menggalakkan protokol kesehatan, menelusuri dengan mengerahkan sejumlah kendaraan yang dilengkapi fasilitas uji hingga terlibat dalam penelitian obat dan vaksin. . “Namun, informasinya tidak lagi terdengar sekeras dulu,” katanya.

Pihaknya sendiri tidak memasang ekspektasi yang tinggi karena rencana tersebut mungkin tidak berjalan efektif. “Ini tentunya bukan berarti peran TNI-Polri secara keseluruhan dalam penanganan Covid-19 sama sekali tidak efektif. togel online

Karena kita juga bisa lihat dari aspek pengobatan medis, kontribusi aparat kesehatan TNI-Polri sangat luar biasa, ”ujarnya. Pemerintah akan meningkatkan 3T atau upaya testing, tracing dan pengobatan untuk menekan angka penularan Covid-19. dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Kementerian Kesehatan akan menambah petugas yang akan melakukan penelusuran di lapangan dan ini akan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat kabinet terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan menteri terkait di Istana Negara. , Jakarta, Rabu (3 / 2/2021).

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *