Kepala BNPT menyampaikan bahwa penerapan Perpres tentang Pencegahan Ekstremisme Tidak Akan Melanggar Hak Asasi Manusia.

Suratkabarindo – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar mengungkapkan, pemberlakuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tidak akan melanggar hak asasi manusia (HAM).

Perpres tersebut mengatur Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Kekerasan yang Berujung pada Terorisme Tahun 2020-2024 (RAN PE).

“Tujuannya agar lebih memberikan perlindungan HAM kepada masyarakat, tidak menjadi hal yang melanggar HAM dalam pelaksanaannya,” kata Boy dalam siaran langsung di akun Youtube BNPT, Jumat (5/2/2021).

“Karena ini tidak mengarah pada hal-hal yang mencurigakan dari masyarakat, maka katakanlah itu merazia masyarakat, apalagi suka berpikir apakah ini akan merazia orang dengan identitas tertentu, bukan itu masalahnya,” lanjutnya.

Dengan Perpres ini diharapkan masyarakat menjadi resisten terhadap penyebaran paham radikal. Menurutnya, pemerintah tidak dalam rangka mengindoktrinasi atau menertibkan masyarakat.

Boy menuturkan, caranya melalui dialog diharapkan mampu melahirkan pemikiran kritis sehingga menjadi perilaku yang berpihak pada perdamaian dan kesederhanaan.

“Diharapkan dengan dialog kita ini proses sosialisasi ke depan dengan seluruh elemen masyarakat, masyarakat sipil, semakin meningkatkan ketahanan masyarakat,” ujarnya.

Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 6 Januari 2021 dan secara resmi diundangkan keesokan harinya. Bab 1 Perpres tersebut menyebutkan bahwa RAN PE merupakan rangkaian program yang akan dilaksanakan oleh berbagai kementerian / lembaga terkait untuk menanggulangi kekerasan ekstremisme. togel online

“RAN PE diharapkan dapat menjadi acuan utama pelaksanaan penanggulangan kekerasan ekstremisme yang berujung pada terorisme oleh setiap kementerian / lembaga terkait,” bunyi petikan Perpres tersebut.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *