Kementerian Kesehatan: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Diharapkan Mulai Minggu Depan

Suratkabarindo – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi lansia di DKI Jakarta dan 33 ibu kota provinsi lainnya diharapkan bisa dilakukan mulai pekan depan.

Kementerian Kesehatan pekan ini berharap Dinkes mulai mendata lansia yang akan menjadi peserta vaksinasi. “Sekarang kita sudah mulai pendataan, diharapkan datanya masuk, dan minggu depan diharapkan Dinas Kesehatan bisa mengatur jadwal vaksinasi Covid-19 untuk lansia,” ujar Nadia dalam jumpa pers virtual. Jumat (19/2/2021).

Dan (minggu depan) bisa segera dimulai. Tapi mungkin tidak hari Senin. Iya, mungkin sekitar Rabu atau Kamis bisa mulai, ”lanjut Nadia. Ia menjelaskan, vaksinasi lansia akan dilakukan di 34 provinsi.

Namun, tidak semua daerah di 34 provinsi dapat memberikan vaksinasi lansia. Nadia mengatakan, karena jumlah vaksin yang masih terbatas, maka vaksinasi Covid-19 untuk lansia dilakukan secara bertahap. Saat ini tersedia tujuh juta dosis vaksin dan siap didistribusikan ke 34 provinsi dengan sistem skala prioritas.

Artinya, sebanyak 70 persen dari tujuh juta dosis vaksin akan didistribusikan di Jawa dan Bali. Sedangkan sisanya akan didistribusikan ke daerah lain di luar Jawa dan Bali. togel online

“Karena jumlah vaksinnya terbatas, kita tahu target manula 21,5 juta orang. Jadi tadi kita katakan, jumlah vaksin yang akan kita distribusikan tujuh juta. Di antaranya 70 persen di Jawa dan Bali, “kata Nadia. “Kenapa? Karena kita tahu jumlah penduduk terbesar di Jawa dan Bali di sana. Penduduk lansia terbesar di sana,” ujarnya.

Nadia melanjutkan, ada dua mekanisme registrasi vaksinasi lansia. Pertama, secara online dengan mengakses registrasi melalui website resmi Kementerian Kesehatan atau website resmi KPC PEN. Kedua, mengikuti vaksinasi massal yang diadakan oleh pemerintah daerah atau instansi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *