Kementerian Kesehatan: Mayoritas WNI yang kembali dari Arab Saudi positif Covid-19

Suratkabarindo – Kepala Subdirektorat Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Benget Saragih, mengatakan mayoritas WNI yang pulang dari Arab Saudi dipastikan positif Covid-19.

Dari hasil pemeriksaan, terdapat 121 WNI yang dipastikan positif Covid-19 per 17 Februari 2021. “Kalau WNI terbanyak yang datang dari Arab Saudi, kemarin juga ditemukan 103 pendatang, kemarin langsung diperiksa. Kemarin hasilnya 121 positif. Tanggal 17, “kata Maxi dalam diskusi virtual, Kamis (18/2/2021).

Dari hasil wawancara dengan WNI yang datang, ditemukan bahwa mereka seringkali tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Selain itu, mereka juga diketahui bisa masuk negara hanya dengan hasil antigen cepat negatif. Padahal, untuk bisa masuk ke Indonesia, mereka harus mengantongi hasil uji polymerase chain reaction (PCR).

“Kami tanya pemeriksaannya seperti apa ya, hasilnya keluar dua jam, jadi mereka pakai antigen cepat. Jadi tidak sesuai dengan syarat yang harus PCR,” ujarnya. Karena itu, Benget mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengingatkan para pekerja migran Indonesia (PMI) yang ingin kembali ke Tanah Air agar mematuhi protokol kesehatan yang ada. togel online

“Ini sebenarnya kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, yakni sebelum pengiriman PMI dari Indonesia ke sana harus benar-benar dilakukan pemeriksaan ketat di Arab Saudi,” pungkasnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *