KBRI Roma berhasil mengevakuasi 2 ABK Indonesia yang disandera di Libya

Suratkabarindo – Duta Besar Indonesia di Roma, Esti Andayani, Kamis (11/2/2021) mengawal kepulangan dua ABK WNI yaitu Giri Indra Gunawan dan Moh Samsudin di Bandara Leonardo da Vinci, Fiumicino, Roma.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, kedua awak kapal tersebut berangkat dari Roma menuju Indonesia melalui Abu Dhabi pada pukul 13.40, dan diharapkan tiba di Indonesia pada Jumat (12/2/2021) sore.

Kedua awak tersebut merupakan awak Kapal Antartika MP yang ditangkap oleh Tentara Nasional Libya (LNA) di Benghazi, Libya, pada awal September 2020.

Sejak menerima kabar tentang kasus penangkapan MP Antartida, KBRI Roma telah bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia, untuk mengusahakan pembebasan kedua ABK tersebut dan meminta akses konsuler bagi ABK Indonesia.

Meski sulit, namun KBRI berhasil mendapatkan informasi bahwa kedua ABK tersebut dalam keadaan sehat dan terjamin keselamatannya. Seluruh awak Kapal MP Antartida tersebut kemudian berhasil dibebaskan atas upaya Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte pada 17 Desember 2020.

Kapal beserta awaknya diperbolehkan kembali ke Italia dan tiba di Mazara del Vallo, Sicilia pada Minggu (20/12). / 2020) pada 10.45 CET.

Setelah menjalani tes Tampone / PCR dan dinyatakan negatif Covid-19, kedua awak Indonesia tersebut kemudian dapat kembali ke aktivitas terbatas.

Namun, karena lockdown di Italia, terutama Mazara del Vallo yang ditetapkan sebagai zona merah, kedua awak kapal tersebut terpaksa menjalani proses evaluasi psikologis dan administratif untuk kepulangan mereka selama lebih dari satu bulan. togel online

Kedutaan Besar Indonesia di Roma mengatakan mereka mendampingi proses ini dari jarak jauh, dan mengirimkan bantuan logistik untuk memastikan kedua awak dalam kondisi sehat hingga proses pemulangan selesai.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan KBRI Roma dalam memfasilitasi pembebasan kami berdua, untuk membantu proses administrasi kepulangan bersama majikan dan pihak berwenang di Mazara del Vallo.”

“Kami sehat-sehat saja selama di Italia, dan (pihak Italia) memperlakukan kami dengan baik,” kata kedua awak kapal itu. Dubes Esti Andayani kemudian berpesan, agar kedua ABK tersebut menjaga diri dan menjalankan protokol kesehatan dengan baik selama perjalanan dan kedatangan di Jakarta.

KBRI juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Pusat dan BP2MI untuk mempersiapkan kedua ABK tersebut pulang ke tujuan masing-masing.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *