KBRI Panama City Bantu Pengiriman 13 Kru WNI

Suratkabarindo – KBRI Panama pada Senin (15/2/2021) memulangkan 13 ABK WNI yang bekerja di kapal Playa Muino Vello (IMO 9297632) milik perusahaan Spanyol, Stella Maris de Bueu SL, dengan biaya perjalanan ditanggung perusahaan. . Para kru dipulangkan dari Bandara Internasional Tocumen, Panama.

Awak Indonesia menggunakan pesawat Iberia Airlines tujuan Madrid, Spanyol, dan disusul Qatar Airways dari Doha, Qatar, menuju Jakarta dengan jadwal kedatangan pada 17 Februari 2021.

Duta Besar RI untuk Panama, Sukmo Harsono memulangkan awak kapal Indonesia didampingi oleh a Protkons / Protection Counselor Warga Negara Indonesia, Rheinhard Sinaga.

“Sudah banyak ABK Indonesia yang mengalami kendala karena tidak mempelajari dengan baik status pekerjaan dan kontrak serta negara tujuan, sehingga ABK Indonesia mengalami kerugian materi bahkan mental,” kata Sukmo dalam pers. pernyataan itu diterima Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

“Oleh karena itu pintar-pintarlah memilih agen di Indonesia dan perusahaan di negara tujuan,” kata Sukmo. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa KBRI Panama City telah mengadakan rapat koordinasi virtual antara Perwakilan RI di Amerika Latin dan Karibia dengan Kementerian / Lembaga.

terkait di Pusat (11/02/2021) dalam upaya meningkatkan perlindungan ABK Indonesia. “Pertemuan ini diprakarsai oleh KBRI Panama City dan diselenggarakan demi upaya koordinasi dan perlindungan yang lebih baik oleh Negara bagi ABK Indonesia”, ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, salah satu awak juga menceritakan pengalamannya saat berangkat dari Jakarta, pada Februari 2020, ia terpaksa harus membayar sejumlah uang kepada petugas di bandara dengan dalih tidak memiliki “sertifikat”.

Pemberian uang juga dilakukan “di bawah meja”. Terkait hal tersebut, Sukmo dan Penasihat Perlindungan Warga Negara Indonesia melakukan pemeriksaan terhadap dokumen ABK yang dimaksud, ternyata dokumen tersebut lengkap.

“Tidak mau memberikan uang kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau dokumennya lengkap, tidak ada alasan pihak tertentu di bandara meminta uang, ”kata Sukmo.

Dalam pemeriksaan KBRI Panama City diketahui bahwa dokumen perjalanan yang dikeluarkan KBRI Panama City yang seharusnya dibawa oleh ABK ternyata tidak diberikan kepada seluruh ABK Indonesia oleh agen tersebut. di Panama.

Terkait hal tersebut, Konselor Perlindungan WNI beserta jajarannya segera berkoordinasi dengan agen tersebut, agar dokumen perjalanan bisa diberikan kepada 13 ABK WNI di bandara untuk dibawa dalam perjalanan ke Indonesia. Dubes juga meminta agar setibanya di Tanah Air, awak kapal Indonesia menghindari segala macam masalah yang memecah belah bangsa. togel online

“Saya juga tegaskan, sesampainya di Indonesia jangan gampang dihasut hoax dan terlibat dalam kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerusuhan dan kekerasan rasial,” ujarnya.

Dia kemudian membagikan makanan, masker, dan pembersih tangan untuk para kru untuk melanjutkan perjalanan mereka. Protkons / Protection Counselor WNI juga memastikan semua dokumen lengkap dibawa oleh awak kapal dalam perjalanan ke Indonesia.

“Hingga saat ini KBRI Panama City telah berhasil mendampingi 450 ABK Indonesia sejak pandemi Covid-19 terjadi pada Maret 2020 di Panamá,” kata Rheinhard Sinaga. Dalam setiap upaya membantu pemulangan ABK Indonesia, KBRI Panama City terus berkoordinasi secara intensif dengan pihak terkait di Panama dan pihak berwenang di Jakarta.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *